UMM Institutional Repository

Tingkat Kepuasan Khalayak Pendengar Radio Terhadap Program Sport News (Studi Pada Siaran Edan Bola di PT Radio Chakra Bhuwana Kota Malang)

Cahyono, Moch Rudi (2015) Tingkat Kepuasan Khalayak Pendengar Radio Terhadap Program Sport News (Studi Pada Siaran Edan Bola di PT Radio Chakra Bhuwana Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochrudica-38687-1-pendahul-n.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochrudica-38687-2-babi.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Media dan masyarakat adalah dua bagian yang tidak dapat dipisahkan, karena media tumbuh dan berkembang seiring dengan timbulnya kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi. Radio adalah media informasi yang mendapatkan julukan “kekuasaan kelima” atau the fifth estate, setelah pers dianggap sebagai “kekuasaan keempat”. Salah satu program siaran yang menarik bagi khalayak pendengar radio adalah berita olahraga, karena olahraga khususnya sepak bola semakin lama semakin diminati oleh masyarakat. Salah satu program ssport news adalah siaran “Edan Bola RCB FM” yang menjadi salah satu program unggulan dari PT Radio Chakra Bhuwana Kota Malang. Siaran Edan Bola adalah siaran sport news yang membahas perkembangan sepakbola luar negeri dan dalam negeri. Berita disajikan dengan segmen utama informasi Arema dan Aremania. Program ini tidak hanya menyajikan informasi saja, melainkan juga diskusi rutin setiap hari dengan bahasa khas warga Malang Raya.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari kepuasan khalayak pendengar terhadap siaran Edan Bola RCB FM Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. analisis data yang dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan perbandingan mean dan uji t Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kepuasan pendengar terhadap siaran Edan Bola RCB FM Malang terpuaskan karena selisih perbandingan skor rata-rata mean Gratification Sought (GS) lebih kecil dari pada skor rata-rata Gratification Obtained (GO). Dilihat dari tiap-tiap motif tedapat dua motif yang tidak memuaskan pendengarnya yaitu pada motif Afektif dan Pelarian hal ini terlihat dari perbanding skor rata-rata Gratification Sought (GS) lebih kecil daripada skor rata-rata Gratification Obtained (GO) sedangkan motif-motif yang terpuaskan adalah motif kognitif, Integratif Personal dan Integratif Sosial. Untuk motif tertingga terdapat pada motif kognitif, dan motif terendah pada motif pelarian. Sedangkan kepuasan tertinggi yaitu pada motif kognitif dan kepuasan terendah pada motif pelarian Untuk nilai tertinggi gratification sought motif adalah keinginan pendengar untuk menyenangkan hatinya, dan nilai terendah gratification sought motif adalah melepaskan diri dari permasalahan. Sedangkan nilai tertinggi gratifications obtained kepuasan yang diperoleh adalah mengetahui berita ter-update dari tim AREMA dan tim sepak bola luar negeri, sedangkan nilai terendah gratifications obtained adalah melepaskan diri dari permasalahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:10
Last Modified: 13 Apr 2016 02:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26482

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo