UMM Institutional Repository

PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT IX “NURUL ROHMAH” SAPTORENGGO-PAKIS

AFIDAH, NISWATIN NUR (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT IX “NURUL ROHMAH” SAPTORENGGO-PAKIS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-niswatinnu-38139-2-babi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-niswatinnu-38139-1-pendahul-n.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Peneliti bertujuan guna mendiskripsikan proses penanaman nilai-nilai akhlak pada anak usia dini di TKM IX “Nurul Rohmah” Saptorenggo-Pakis. Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik atau sering disebut juga dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini memandang kenyataan sebagai sesuatu yang berdimensi jamak, utuh/merupakan kesatuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode deskriptif dimaksudkan bahwa peneliti menjelaskan kondisi riil pendidikan akhlak anak usia dini yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Muslimat IX “Nurul Rohmah” Saptorenggo-Pakis. Sedangkan analisis kualitatif digunakan pada saat meneliti pelaksanaan pendidikan akhlak anak usia dini pada lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak Muslimat IX “Nurul Rohmah” Saptorenggo-Pakis. Sebagai hasil penelitian ini pendidikan akhlak anak usia dini sangat penting dan pelaksanaannya bukanlah suatu hal yang mudah, karena dalam membina anak kecil harus dengan pendekatan-pendekatan khusus. Apalagi dalam suatu sekolah yang mempunyai anak didik yang tidak sedikit yang berasal dari keluarga dan orang tua yang tentunya berbeda. Dari situlah maka seorang guru dituntut untuk mampu mengarahkan serta mendidik anak agar memiliki akhlak atau budi pekerti yang luhur. Selain itu guru juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam membina anak didiknya. Selanjutnya penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi kognitif bagi lembaga pendidikan khususnya pada Taman Kanak-Kanak sehingga dapat meningkatkan proses belajar mengajar pendidikan akhlak sebagai fondasi dalammewujudkan generasi muda muslim yang berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:07
Last Modified: 13 Apr 2016 02:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26481

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo