UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS GAYA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MATA PELAJARAN PAI (Studi pada siswa kelas VII SMP Sunan Giri Merjosari Malang)

USNAH, ASMAUL (2014) EFEKTIVITAS GAYA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MATA PELAJARAN PAI (Studi pada siswa kelas VII SMP Sunan Giri Merjosari Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asmaulusna-36905-1-pendahul-n.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asmaulusna-36905-2-babi.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Gaya belajar merupakan suatu kombinasi bagaimana siswa menyerap, dan mengolah informasi. Terdapat tiga tipe modalitas belajar yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Prestasi belajar masih tetap menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan memahami gaya belajar terbaik akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1.Mendeskripsikan gaya belajar siswa dan prestasi akademik siswa mata pelajaran PAI kelas VII SMP Sunan Giri Merjosari Malang. 2. Menganalisis efektifitas gaya belajar siswa dalam meningkatkan prestasi akademik mata pelajaran PAI kelas VII SMP Sunan Giri Merjosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Sunan Giri Merjosari Malang. Pemilihan SMP Sunan Giri Merjosari Malang sebagai setting penelitian, karenamelihatalokasiwaktuuntukpelajaran PAI cukupbanyakyaitu 6 jam, denganalokasi yang banyaktersebutdapatmenggalilebihdalamtentangefektivitasgayabelajarsiswa. Pengumpulan data dilakukanmelaluiobservasi, angket (kuisioner), wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis statistik adeskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan 1.gaya belajar yang memberikan efek paling dominan digunakan adalah gaya belajar auditoriya itu sebesar (36,36%); 2. Prestasi akademik siswa kelas VII SMP Sunan Giri Merjosari Malang dengan gaya belajar visual yang mendapat nilai A - sebanyak 5 siswa; 3. Efektivitas gaya belajar dinilai cukup efektif dengan rata-rata 22,9.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Apr 2016 02:10
Last Modified: 13 Apr 2016 02:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26480

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo