UMM Institutional Repository

PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU 04 JATISARI PAKISAJI KABUPATEN MALANG

SUTAMAH, (2015) PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU 04 JATISARI PAKISAJI KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sutamahnim-38145-2-bab1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sutamahnim-38145-1-pendahul-n.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Melihat kondisi tentang akhlak masyarakat saat ini yang kurang baik, ada keinginan untuk memperbaiki akhlak masyarakat dalam pendidikan di tingkat taman kanak-kanak melalui penelitian yang dilakukan di TK Muslimat NU 04 Jatisari Pakisaji Kabupaten Malang Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap pendidikan akhlak anak usia dini selain itu juga mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat orang tua terhadap pendidikan akhlak anak usia dini. Yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan informannya adalah orang tua, guru dan murid. Pemilihan TK Muslimat NU 04 Jatisari Pakisaji Kabupaten Malang Sebagai setting/ objek penelitian, karena murid-murid sering mengucapkan kata-kata yang kasar dan tidak sopan, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di TK tersebut. Sedangkan metode Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap pendidikan akhlak anak usia dini meliputi mendidik dan mengajarkan akhlak yang mulia, dalam hal mengajarkan kebenaran, kasih sayang, dan tanggung jawab. Mengasuh dan membimbing anak dengan cara memberi contoh yang baik dalam kegiatan keagamaan yaitu melaksanakan kewajiban beribadah dalam shalat, membaca al-QurÂ’an, membaca shalawat nabi, sikap dermawan,dan menjaga kebersihan, berbicara yang baik. Dan yang menjadi faktor pendukung baik internal maupun eksternal meliputi: kepribadian anak, lingkungan keluarga, kecerdasan orang tua,guru, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat yang baik. Dan yang menjadi faktor penghambat adalah terbatasnya pengawasan orang tua, tingkat pendidikan orang tua, faktor ekonomi, teman dan televisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:52
Last Modified: 13 Apr 2016 01:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26469

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo