UMM Institutional Repository

TANGGUNG JAWAB PARA PENDIDIK MENURUTABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM

HAKIM, LUKMAN (2014) TANGGUNG JAWAB PARA PENDIDIK MENURUTABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lukmanhaki-36912-1-coversk-a.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lukmanhaki-36912-2-babi.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab pendidikan adalah salah satu tanggung jawab yang digariskan Islam, yang bukan hanya mempersiapkan anak didik menjadi teknokrat, birokrat, konglomerat, atau profesi-profesi yang lain, melainkan justru yang lebih urgen adalah bagaimana tanggung jawab pendidikan itu diwujudkan menjadi sebuah gerakan pembentukan generasi QurÂ’ani dan masyarakat Rabbani, yaitu generasi atau masyarakat madani dan berorientasi akhirat. Seorang pendidik, baik berstatus sebagai guru, orang tua, maupun pembimbing masyarakat, tatkala mampu melaksanakan tanggung jawab secara sempurna dan menunaikan hak-hak dengan penuh amanah, maka berarti pendidik telah memberikan sumbangsih terbangunnya masyarakat teladan secara nyata yang memiliki karakteristik dan keistimewaan dari sudut pandang Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konsep tanggung jawab para pendidik menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam. Selain itu, juga mengidentifikasi bentuk-bentuk tanggung jawab para pendidik menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam. Berdasarkan masalah tersebut, serta dalam rangka mencapai tujuan diatas, dilakukan kajian menggunakan metode riset kepustakaan (library research) dengan mengkaji data-data primer (kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam),data-data sekunder (karya orang tentang Abdullah Nashih Ulwan), dan data-data pendukung (karya-karya yang terkait dengan tema penelitian). Data-data yang terkumpul dianalisis dengan teknik content analysis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan bahwa konsep tanggung jawab pendidikan Islam adalah tanggung jawab para pendidik terhadap siapa saja yang menjadi tanggung jawabnya untuk mengajari, mengarahkan dan mendidik. Tanggung jawab ini besar, berat, dan urgent, sebab tanggung jawab ini dimulai sejak kelahiran hingga anak tumbuh sampai pada tahap usia pra pubertas hingga menjadi seorang yang mukallaf (terbebani kewajiban). Mengenai bentuk-bentuk bentuk tanggung jawab pendidik Abdullah Nashih ‘Ulwan menyebutkan tujuh aspek, yakni meliputi pendidikan iman, pendidikan moral, pendidikan fisik, pendidikan akal, pendidikan kejiwaan, pendidikan sosial, dan pendidikan seksual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:39
Last Modified: 13 Apr 2016 01:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26463

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo