UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AL-ISLAM BERBASIS WEBSITE PADA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 08 BATU

HIDAYAT, SHOFRONY (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AL-ISLAM BERBASIS WEBSITE PADA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 08 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shofronyhi-38150-2-babi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shofronyhi-38150-1-pendahul-n.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien dalam proses pembelajaran pemahaman materi akidah dan akhlak di kelas VII semester I sekolah menengah pertama. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode research and development (R&D) dan model ASSURE dalam tahapan pengembangnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan subjek penelitan adalah siswa kelas VII sekolah menengah pertama. Pemilihan kelas VII di SMP Muhammadiyah 08 Batu ini berdasarkan kepada analisis permasalahan pembelajaran yang muncul. Permasalahan siswa yang muncul dalam proses pembelajaran Al-Islam adalah terhambatnya kegiatan pembelajaran pada awal semester dikarenakan kegiatan-kegiatan sekolah, masyarakat atau pemerintah kota Batu. Berdasarkan hal ini melalui pemanfaatan sarana prasarana sekolah berupa koneksi internet maka dibuatlah sebuah solusi pemecahan masalah dengan mengadakan pembelajaran Al-Islam berbasis website yang dalam pembelajarannya tidak terpaku oleh jam yang ditentukan sekolah dan bersifat fleksibel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dan analisis terhadap validasi ahli terhadap media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Sedangkan analisis datanya menggunakan model statistik diskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media pembelajaran online berbasis website. Hasil uji validitas ahli media dan ahli isi media berbasis website ini memiliki skor prosentase rata-rata 80,37% dan 85,2% sehingga media pembelajaran ini dapat dikategorikan baik. Hasil uji coba lapang ke siswa menujukkan bahwa skor rata-rata prosentase dari aspek efektiftas dan efisiensi media sebesar 77,48%, sedangkan kemenarikan media pembelajaran sebesar 81,33%. Berdasarkan data keseluruhan dari skor prosentase uji lapang terhadap media pembelajaran berbasis website di atas, dapat diketahui bahwa rata-rata dari pengujian ini adalah 79,4%, maka media pembelajaran berbasis website ini dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:38
Last Modified: 13 Apr 2016 01:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26462

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo