UMM Institutional Repository

UPAYA GURU PAI DALAM MENDISIPLINKAN SISWA DI SMP ISLAM NURUL HUDA PAJARAN PONCOKUSUMO MALANG TAHUN PELAJARAN 2013-2014

IWAN, MUHAMMAD (2014) UPAYA GURU PAI DALAM MENDISIPLINKAN SISWA DI SMP ISLAM NURUL HUDA PAJARAN PONCOKUSUMO MALANG TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadiw-36913-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadiw-36913-2-babi.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

keberhasilan dalam mendisiplinkan siswa tersebut sangat ditentukan oleh keterkaitan oleh semua komponen pendidikan dan pengajaran yang salah satunya adalah guru. Guru adalah komponen utama pendidikan karena para guru lebih banyak berintegrasi dan sebagai pembentuk pola pikir dan kepribadian anak didik.Dengan tidak mengenyampingkan peran dan upaya guru mata pelajaran lain, upaya guru agama untuk mendisiplinkan siswa betul-betul sangat dibutuhkan terutama dengan kedisiplinan beribadah, kedisiplinan waktu, kedisiplinan menaatai tata tertib sekolah. Mental siswa yang lemah dan labil dapat mendorong siswa menerima pengaruh-pengaruh yang datang dari lingkungan sekitarnya, sehingga mereka menjadi siswa yang tidak disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam mendisiplinkan siswa di SMP Islam Nurul HudaPajaranPoncokusumo Malang. Selain itu, mendeskripsikan kedisiplinan yang diterapkan dan sanksi bagi siswa yang melanggar kedisiplinan yang diterapkan di SMP Islam Nurul HudaPajaranPoncokusumo Malang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (fieldresearch) dengan subyek penelitian guru PAI di SMP Islam Nurul HudaPajaranPocokusumo Malang. Pemilihan SMP Islam Nurul HudaPajaranPoncokusumo Malang sebagai settingpenelitian didasarkan pada keberadaan lembaga ini yang berada di desa terpencil di kecamatan Poncokusumo Malang yang menarik untuk dijadikan tempat penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam mendisiplinkan siswa di SMP Islam Nurul HudaPajaranPoncokusumo Malang dilakukan dengan dua cara, yaknit: a. Preventif, meliputi: memberikan peringatan/advice, memberikan contoh, mengaktifkan kegiatan agama di sekolah, menjalin kerja sama dengan guru BP. b. Kuratif, meliputi: mengadakan pendekatan facetoface (tatap muka) terhadap siswa yang melanggar tata tertib, pembinaan moral, memberikan sangsi bagi siswa yang melanggar kedisiplinan di SMP Islam Nurul HudaPajaranPoncokusumo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:37
Last Modified: 13 Apr 2016 01:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26461

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo