UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DI SMP NEGERI 4 BATU

SARI, ARI KURNIA WINDAN (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DI SMP NEGERI 4 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arikurniaw-37646-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arikurniaw-37646-2-babi.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah maraknya kasus-kasus penyimpangan yang dilakukan oleh remaja. Pendidikan karakter dirasa sebagai kebutuhan yang sangat mendesak untuk mengatasi problema tersebut. Budaya sekolah merupakan budaya pembelajaran nilai-nilai positif yang dapat mendukung pembelajaran pendidikan karakter. Budaya religius dapat dijadikan basis dari pendidikan karakter. Berdasarkan latar belakang tersebut maka, peneliti ingin meneliti implementasi pendidikan karakter berbasis budaya religius di SMP Negeri 4 Batu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter berbasis budaya religius di SMP Negeri 4 Kota Batu; (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat beserta solusi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis budaya religius di SMP Negeri 4 Kota Batu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif . Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Guru PAI, kepala sekolah, guru BK, dan siswa kelas VII da kelas IX sebagai informan. Adapun analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Implementasi pendidikan karakter berbasis budaya religius di SMP Negeri 4 Batu dapat dilihat dari lima hal yakni: model, strategi, kegiatan-kegiatn religius, tehnik evaluasi, dan dampaknya terhadap siswa.. Faktor pendukung implementasi budaya religius di SMP Negeri 4 Batu antara lain: visi sekolah, Sarana prasarana sekolah, SDM yang mumpuni, kekuatan kepala sekolah, dan kekompakan warga sekolah serta masyarakat dan lingkungan religius. Faktor penghambat : Kesadaran beribadah masih rendah, jumlah siswa yang banyak dengan pintu gerbang yang banyak, serta latar belakang siswa, dalam hal ini dikatkan dengan pendidikan yang didapat ketika di keluarga. Solusi yang faktor penghambat tersebut adalah: pemanggilan siswa oleh tatib, BK turun tangan jika tatib merasa kesulitan, jika belum terselesaikan maka kepala sekolah turun tangan, pendekatan personal dan program keputrian untuk siswa yang berhalangan sholat, MGMPS (musyawarah guru mata pelajaran sekolah) mengadakan musyawarah untuk membicarakan permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis budaya religius dan berusaha mencari solusinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:29
Last Modified: 13 Apr 2016 01:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26456

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo