UMM Institutional Repository

PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs DZUNNURROIN PAKIS MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DULMANAN, (2014) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs DZUNNURROIN PAKIS MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dulmananni-37650-1-pendahul-n.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dulmananni-37650-2-babi.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk: 1. Mendiskripsikan pembentukan kepribadian siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Dzunnurroin Pakis Malang. 2. Mendiskripsikan faktor penunjang, penghambat serta jalan keluarnya dalam membentuk kepribadian siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Dzunnurroin Pakis Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran Akidah Akhlak MTs Dzunnurroin Pakis Malang, siswa dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisnya, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa: 1. Proses pembentukan kepribadian siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Dzunnurroin Pakis Malang dengan pembiasaan dan keteladanan. Pembiasaan dilakukan dengan dua hal yaitu kepercayaan akidah Islam seperti pembiasaan membaca dan menghafal surat pendek sebelum berlangsungnya pembelajaran, berdoÂ’a sebelum dan sesudah pembelajaran, shalat dhuha, jamaÂ’ah dhuhur dan qobliyah-ba’diyah dan lain-lain, ahklak terpuji seperti mengucapkan salam, senyum dan sapa, memanggil nama siswa dengan hormat, berbicara dengan sopan dan lain-lain. Sedangkan pendekatan keteladanan seperti disiplin, taat terhadap tata tertib yang berlaku, senantiasa berbusana yang rapi dan lain-lain. 2. Faktor penunjang, penghambat dan jalan keluarnya dalam pembentukan kepribadian siswa melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Dzunnurroin Pakis Malang terdapat dua faktor yaitu:Faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern meliputi: guru dan siswa, sedangkan faktor ekstern meliputi: Lingkungan madrasah dan lingkungan luar madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:22
Last Modified: 13 Apr 2016 01:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26452

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo