UMM Institutional Repository

PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE UMMI PADA MURID KELOMPOK B TK ‘AISYIYAH 11 MALANG

KURNIAWATI, FARIDA (2014) PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE UMMI PADA MURID KELOMPOK B TK ‘AISYIYAH 11 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faridakurn-37653-1-pendahul-n.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faridakurn-37653-2-babi.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Ummi dalam pembelajaran pengenalan huruf Hijaiyah di TK 'Aisyiyah 11 Malang dan mengungkapkan teknik penerapannya pada murid kelompok B, serta bagaimana respon murid terhadap metode Ummi dalam proses pembelajaran pengenalan huruf Hijaiyah dan bagaimana hasil dari penerapan metode Ummi pada pembelajaran pengenalana huruf Hijaiyah pada kelompok B TK 'Aisyiyah 11 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan informan peneliti adalah Kepala Sekolah, guru pembimbing Ummi, murid kelompok B, dan guru kelas masing-masing kelompok B. pemilihan TK 'Aisyiyah 11 Malang sebagai lokasi penelitian didasarkan atas kurangnya kualita cara baca dan pengenalan huruf Hijaiyah murid-murid kelompok B, sehingga dengan pilihan metode baru yaitu metode Ummi mampu memperbaiki cara baca huruf Hijaiyah sesuai dengan kaidah yang benar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara serta untuk analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan huruf Hijaiyah melalui metode Ummi pada kelompok B TK Aisyiyah 11 Malang ini dapat berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran pengenalan huruf Hijaiyah dengan menggunakan metode Ummi bisa mendukung murid dalam penguasaan dan perbaikan cara baca huruf yang benar, selain itu cara pelafadzan surat-surat pendek al-Qur'an dapat sesuai dengan kaidah baca yang benar pula. Dari hasil penelitian ini juga didapatkan bahwa respon murid terhadap metode Ummi sangat baik dan murid dapat melakukan pembelajaran dengan mudah dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:19
Last Modified: 13 Apr 2016 01:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26449

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo