UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN "ESTAFET" DALAM MENGHAFALKAN SURAT-SURAT PENDEK PADA KELOMPOK A DI TK MUSLIMAT 08 SINGOSARI MALANG

ASTUTI, CHARIS SOFI (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN "ESTAFET" DALAM MENGHAFALKAN SURAT-SURAT PENDEK PADA KELOMPOK A DI TK MUSLIMAT 08 SINGOSARI MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-charissofi-38768-2-babi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-charissofi-38768-1-coversk-t.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran "Estafet" dalam menghafalkan surat-surat pendek pada kelompok A di TK Muslimat 08 Singosari Malang. Selain itu mendiskripsikan pelaksanaan model pembelajaran "Estafet" dalam menghafalkan surat-surat pendek (yang ditekankan pada enam surat, yaitu QS. al-Fatihah, an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlas, al-Ashr, al-Kautsar) dan mengidentifikasi faktor penunjang dan penghambat terlaksananya model pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskiptif kuantitatif dengan subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Muslimat 08 Singosari Malang Tahun Pelajaran 2013-2014 dipilih sebagai populasi penelitian karena pendidik pada kelompok A di TK tersebut telah menciptakan model pembelajaran "Estafet" dalam menghafalkan surat-surat pendek terutama pada kegiatan pembelajaran untuk pencapaian indikator mengucapkan surat-surat pendek pada bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran "Estafet" dalam menghafalkan surat-surat pendek pada kelompok A di TK Muslimat 08 Singosari Malang, dapat dilakukan secara individu maupun kelompok dan bergilir sesuai urutan atau secara acak dengan menyenangkan, tidak monoton dan tidak membosankan sehingga anak tidak merasa terbebani serta dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak dalam pembelajaran sejak usia dini. Model pembelajaran ini sangat efektif terutama bagi anak karena dari hasil komparasi dapat disimpulkan bahwa hasil eksperimen menunjukkan t hitung > t tabel (36,49 > 2,04) sehingga ada perbedaan yang signifikan antara model lama (model klasikal) dengan model baru (model "Estafet") dalam pembelajaran mengucapkan dan menghafal surat-surat pendek pada kelompok A di TK Muslimat 08 Singosari Malang (hipotesis nihil ditolak). Dengan demikian, model pembelajaran "Estafet" menunjukkan efektifitas yang nyata. Maka dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran "Estafet" dapat diandalkan dan dapat ditindaklanjuti sebagai model pembelajaran berikutnya dalam bidang pengembangan pembelajaran mengucapkan dan menghafal surat-surat pendek pada kelompok A di TK Muslimat 08 Singosari Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:16
Last Modified: 13 Feb 2018 02:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26448

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo