UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN SHALAT DI TK BANI AHMAD KEC. LOWOKWARU KOTA MALANG

SETIANDARI, NINING AGUS (2015) PEMBELAJARAN SHALAT DI TK BANI AHMAD KEC. LOWOKWARU KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-niningagus-38772-2-2.babi.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-niningagus-38772-1-1.penda-n.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Shalat adalah ibadah yang pertama kali diwajibkan oleh Allah SWT, dimana perintah tersebut disampaikan secara langsung oleh-Nya tanpa perantara malaikat Jibril. Untuk itu shalat harus dikerjakan bagi setiap orang beragama Islam yang mengaku beriman kepada Allah SWT. Guru harus menegaskan kepada murid betapa penting keberadaan shalat dalam kehidupan muslim. Oleh karena itu, pembelajaran shalat harus diberikan sejak dini. Pembelajaran shalat yang diberikan pada anak didik sepatutnya dapat mengantarkan anak didik untuk melakukan proses secara aktif. Oleh karena itu pembelajaran yang diberikan harus menarik minat anak dan menunjukkan aktifitas serta rasa ingin tahu anak secara optimal. Mendeskripsikan materi yang diberikan untuk pembelajaran shalat di TK Bani Ahmad Tlogomas Kec. Lowokwaru Kota Malang. Mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menunjang dan menghambat dalam penyajian pembelajaran shalat di TK Bani Ahmad Tlogomas Kec. Lowokwaru Kota Malang. Mendeskripsikan hasil yang didapat setelah dilakukan pembelajaran shalat di TK Bani Ahmad Tlogomas Kec. Lowokwaru Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pertimbangan bahwa metode ini mudah disesuaikan jika sesuai dengan kenyataan dilapangan. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala TK, Guru kelompok B dan murid-murid Kelompok B TK Bani Ahmad Tlogomas Kec. Lowokwaru Kota Malang. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisa datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Materi pembelajaran shalat di TK Bani Ahmad Tlogomas Kec. Lowokwaru Kota Malang, diberikan pada semua kelompok, meliputi: perencanaan pembelajaran; dimulai dengan penyusunan silabus, RKM, RKH. Penyiapan pra pembelajaran dimulai dengan menyiapkan tempat untuk pembelajaran shalat. Pelaksanaan pembelajaran meliputi: menirukan gerakan dan bacaan shalat serta mempraktekkannya. Faktor pendukung dalam pembelajaran meliputi: adanya kerjasama seluruh guru dalam pembiasaan shalat kelompok A dan B, dukungan dari orang tua yang putra-putrinya telah hafal bacaan shalat dan surat-surat pendek serta sarana dan prasarana TK yang memadai. sedangkan faktor penghambat adalah saat berlangsungnya pembelajaran ada 2-4 murid bicara sendiri sehingga mengganggu pelaksanaan pembelajaran., adanya kemampuan daya tangkap anak yang berbeda sehingga untuk hafalan doÂ’a-doÂ’anya sedikit terlambat dibandingkan temannya yang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penilaian harian, yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung. (2) Evaluasi, diambil dari penilaian harian. (3) Disiplin dalam melaksanakan pembelajaran shalat, mengerti gerakan dan hafal bacaannya, yang selanjutnya dipraktekkan di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:13
Last Modified: 13 Apr 2016 01:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26447

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo