UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 18 MALANG

ASHROFIE, HANNA (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS IT DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 18 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hannaashro-37657-1-pendahul-n.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hannaashro-37657-2-babi.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses yang melibatkan murid, guru, materi dan media. media merupakan alat bantu yang digunakan guru sebagai penyalur pesan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. penggunaan media secara tepat menjadi sebuah keniscayaan bagi seorang pendidik. Akan tetapi dalam praktiknya masih banyak pendidik yang belum menggunakan media sesuai dengan prinsip penggunaan media terutama media berbasis IT agar menghasilkan pembelajaran yang efektiv. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realita penggunaan media berbasis IT di SMP N 18 malang, untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media tersebut, serta mengetahui hal-hal yang mempengaruhi tingkat keefektifan atau ketidakefektifan penggunaan media berbasis IT Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP N 18 Malang. pemilihan lokasi penelitian karena sekolah ini mempunyai fasilitas pembelajaran yang lengkap dengan menggunakan media berbasis IT pada tiap ruangan kelas. Pengumpulan data dilalui observasi partisipatif dan angket yang diberikan kepada responden yaitu kelas VIII A. Sedangkan pendekatan penelitian ini tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi, akan tetapi penyajian data dan analisisnya dibantu dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui besaran prosentase keefektifan. Hasil akhir dari penelitian ini, menunujukkan hasil yang belum optimal dalam penggunaan media berbasis IT saat pembelajaran PAI, karena terdapat sedikit gejala yang menjadikan ketidakefektifan penggunaan media berbasis IT tersebut. Diantaranya, 22% siswa menjawab bahwa penggunaan media berbasis IT yang monoton, 14% siswa menjawab penjelasan pengajar yang masih bersifat abstrak saat menggunakan media berbasis IT, 24% dari siswa menjawab bahwa pemahaman materi yang kurang menyeluruh karena kelas yang bersifat heterogen, serta kurangnya komunikasi verbal saat pembelajaran dengan menggunakan media berbasis IT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:54
Last Modified: 12 Apr 2016 12:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26445

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo