UMM Institutional Repository

L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang)

Solikah, Kusnul (2014) L UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI ( Studi Kasus di TK ABA Mutiara Iman Pujon Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-1-pendahul-n.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kusnulsoli-37660-2-babi.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan kemandirian pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon. Selain itu juga untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat maupun pendukung bagi guru dalam menanamkan kemandirian Pada anak usia dini di TK ABA Mutiara Iman Pujon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelompok B, dan siswa kelompok B. Pemilihan TK ABA Mutiara Iman Pujon sebagai setting penelitian dikarenakan pendidikan agama dan penanaman nilai-nilai moral yang diberikan lebih banyak porsinya dibanding TK yang lainnya, terutama dalam penanaman kedisiplinan, kesopanan, dan kemandirian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis kualitatif. Dari penelitian ini diketahui bahwa pembiasaan untuk melakukan kegiatan makan bersama dan beres-beres mainan yang dicontohkan oleh guru dengan memberikan reward dan hukuman bagi siswa sangat efektif. Hasil yang diperoleh menunjukkan perkembangan yang baik yaitu beberapa siswa yang sebelumnya sangat bergantung pada gurunya dalam melakukan berbagai hal sekarang bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman kemandirian ini adalah: pihak sekolah sendiri, kurikulum, tenaga pengajar, sarana prasarana, dan orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:51
Last Modified: 12 Apr 2016 12:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26443

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo