UMM Institutional Repository

PEMBENTUKAN KARAKTER DI PESANTREN MAHASISWA AL-FURQAN MALANG

MIFTAHUDDIN, (2014) PEMBENTUKAN KARAKTER DI PESANTREN MAHASISWA AL-FURQAN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftahuddi-37670-1-pendahul-n.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftahuddi-37670-2-skripsi-1.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Pembentukan karakter mahasiswa merupakan hal yang penting dilakukan, ditengah-tengah adanya kemrosotan moral generasi muda khususnya para mahasiswa, bahkan menurut banyak kalangan berpendapat bahwa Pendidikan Nasional, bukan belum berhasil meningkatkan kecerdasan dan keterampilan peserta didik, melainkan gagal dalam membentuk karakter dan watak kepribadiannya. karena selama ini pendidikan formal (kampus) atau informal (keluarga dan masyarakat) belum memberikan kontribusi yang berarti dalam mendukung mahasiswa dalam program pembentukan karakter, pesantren mahasiswa al-Furqan Malang memiliki perangkat sistem pembinaan yang baik untuk pembentukan karakter mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program kegiatan pembentukan karakter di pesantren mahasiswa al-Furqan Malang. Selain itu, juga mengungkap faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan program pembentukan karakter yang sudah diterapkan di pesantren mahasiswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, obyek penelitian ini adalah pesantren mahasiswa al-Furqan Malang yang menjadi informan pada penelitian; a). Ketua LPPM Al-Furqan, b).Pengasuh Pesantren mahasiswa, c) Wk.Kurikulum pesantren, d). MuÂ’alim, dan para santri. Pemilihan pesantren mahasiswa al-Furqan Malang sebagai setting penelitihan didasarkan pada fakta ilmiah bahwa pesantren ini termasuk pesantren yang memiliki perangkat program pembentukan karakter yang baik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembentukan karakter pada santri pesantren mahasiswa al-Furqan adalah karakter relegius melalui program kegiatan; a). Tahsinul QurÂ’an, b). Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dirasah Islamiyah, c). Tahfidzhul QurÂ’an, d). Shalat Malam. Dari terlaksananya keempat program kegiatan tersebut, karakter religius yang terbentuk pada diri santri yaitu cinta al-QurÂ’an, rajin belajar Agama Islam, senang membaca al-QurÂ’an, dan sikap muhasabah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:45
Last Modified: 12 Apr 2016 12:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26440

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo