UMM Institutional Repository

Marketing Communications in Maintaining Consumer (Study on Kober Bar Mie Setan Malang)

Amalia, Nella Rizki (2015) Marketing Communications in Maintaining Consumer (Study on Kober Bar Mie Setan Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nellarizki-38702-1-pendahul-n.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nellarizki-38702-2-babi.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Kober Bar Mie Setan adalah bisnis kuliner yang didirikan sejak tahun 2011 dan terletak di kota Malang. Kober Bar menyajikan hidangan utama mie pedas dengan tingkat kepedasan dari tingkat satu ke tingkat lima, yang disebut dengan mie setan. Selain itu, Kober Bar Mie Setan juga memiliki kisaran harga yang cukup murah, karena target pasar dari Kober Bar berasal dari semua kalangan terutama anak muda. Perkembangan dunia usaha semakin kompetitif. Oleh karena itu, setiap perusahaan membutuhkan kegiatan komunikasi pemasaran tidak hanya untuk menarik konsumen baru, tetapi juga mempertahankan konsumen. Menurut penjelasan di atas, penulis ingin mengetahui tentang komunikasi pemasaran yang melakukan Kober Bar Mie Setan dalam mempertahankan konsumen. Penelitian ini berjudul "Marketing Communication dalam Mempertahankan Konsumen (Studi pada Kober Bar Mie Setan Malang)". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Kober Bar Mie Setan dalam menjaga konsumen berdasarkan konsep bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, bahkan dengan begitu banyak pesaing yang ada. Penelitian ini diolah dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan tentang komunikasi pemasaran Kober Bar Mie Setan Malang untuk mempertahankan konsumen. Data penelitian yang diuraikan dalam bentuk kata-kata dan gambar tentang kualitas produk, harga yang ditawarkan, tempat yang strategis dan promosi terakhir untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang produk, harga, dan tempat melalui media komunikasi pemasaran seperti pemasaran langsung, promosi penjualan, publisitas, internet marketing, dan komunikasi word of mouth. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara mendalam kepada Manajer operasional Kober Bar Mie Setan dan dua konsumen Kober Bar untuk mendapatkan informasi yang akurat. Data dari hasil wawancara dikumpulkan, berkurang, ditampilkan, dan menyimpulkan. Teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran kegiatan komunikasi Kober Bar Mie Setan dalam mempertahankan konsumen yang kurang maksimal, beacause Kober Bar Mie Setan Malang tidak melakukan kegiatan komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk mengembangkan hubungan yang menguntungkan dengan konsumen melalui manajemen hubungan konsumen. Dari semua kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Kober Bar Mie Setan Malang, yang paling kompatibel dengan tujuan untuk mempertahankan konsumen promosi penjualan melalui program kontinuitas. Program kontinuitas memberikan hadiah kepada konsumen setia Kober Bar Mie Setan Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:45
Last Modified: 12 Apr 2016 12:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26439

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo