UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN SHALAT BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA BATU

SANTOKO, (2015) PEMBELAJARAN SHALAT BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-santokonim-38773-2-2.babi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-santokonim-38773-1-1.penda-n.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sebagaimana tertera di dalam Undang-undang Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Bab III pasal 4.1 tentang Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan dengan jelas disebutkan bahwa, “Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa”. Seluruh anak bangsa, tidak terkecuali siswa dengan kategori anak berkebutuhan khusus, harus pula mendapatkan haknya dalam dunia pendidikan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana proses pembelajaran shalat pada anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 4 Kota Batu, (2). Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran shalat pada anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 4 Kota Batu, (3). Apa orientasi pembelajaran shalat pada anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 4 Kota Batu. Penelitian ini bertujuan guna mendiskripsikan proses pembelajaran shalat pada anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 4 Kota Batu, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran shalat pada anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 4 Kota Batu dan menganalisis orientasi pembelajaran shalat pada anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 4 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah guru pembimbing kelas 1 pada program anak berkebutuhan khusus dan siswa kelas 1 program anak berkebutuhan khusus. Pemilihan SD Muhammadiyah 4 Kota Batu sebagai lokasi sasaran penelitian didasarkan pada aktivitas pembelajaran shalat bagi anak berkebutuhan khusus yang dilakukan secara terencana dengan hasil yang cukup efektif dan signifikan. Pengambilan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan validitas data diuji dengan teknik triangulasi yang kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran shalat bagi anak berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah 4 Kota Batu, dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang baik, sehingga para siswa dengan kategori anak berkebutuhan khusus mampu melaksanakan shalat dengan disertai pendisiplinan dan kesadaran yang baik pula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:39
Last Modified: 12 Apr 2016 12:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26435

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo