UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN KARAKTER DI SURYA BUANA BOARDING SCHOOL MALANG

VITARIANA, SHIKITA (2014) IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN KARAKTER DI SURYA BUANA BOARDING SCHOOL MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shikitavit-37681-1-pendahul-n.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shikitavit-37681-2-babi.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Sekripsi ini dilatarbelakangi karena kebutuhan tentang pendidikan karakter di Indonesia adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi dan harus menjadi prioritas pertama dalam rangka mencetak generasi bangsa yang mempunyai karakter positif, mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan, ketimuran, keindonesiaan, dan keislaman. Peran pendidikan adalah wahana utama sebagai pilar pembangunan karakter, membangun akal budi manusia secara utuh sehingga tampil sebagai manusia yang sempurna dalam batasan kemanusiaan. Sebuah lembaga pasti memilki format yang jelas dan sistematis dalam mendidik peserta didiknya. Diantara format tersebut adalah metode pendidikan karakter yang diterapkan, melalui boarding school dengan sistem pengawasan dan pembinaan selama 24 jam dalam hal ini adalah asrama siswa MTs Surya Buana dan SMA Islam Surya Buana yakni Pondok Pesantren Modern Surya Buana adalah salah satu cara yang tepat untuk menerapkan metode pendidikan karakter. Bentuk desain pendidikan yang indah dari pendiri yang tertulis pada visi dan misi serta diaplikasikan dengan beberapa program dan kegiatan positif dan islami. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Hal ini peneliti ingin memahami dan menganalisis implementasi metode pendidikan karakter di Pondok Pesantren Modern Surya Buana. Informan dalam penelitian ini adalah pengasuh, ustadz/ustadzah dan santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarika kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) metode pembiasaan dan metode keteladanan lebih diorientasikan, (2) metode yang lain menjadi pendukung terlaksananya pendidikan karakter (3) beberapa kegiatan belum ada konsistensi dalam pendidikan karakter (4) faktor pendukung dan penghambat yang muncul dari fasilitas (sarana prasarana), kegiatan yang terprogram maupun tidak terprogram, keluarga (orang tua) santri, SDM pendidik (ustadz/ustadzah), dan pada santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:38
Last Modified: 12 Apr 2016 12:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26434

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo