UMM Institutional Repository

KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DAKWAH MENURUT MAHASISWA NON MUSLIM (Studi Pada Dosen Al Islam Kemuhammadiayahan dimata Mahasiswa Non Muslim Universitas Muhammadiyah Malang)

Nurhadi, (2015) KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DAKWAH MENURUT MAHASISWA NON MUSLIM (Studi Pada Dosen Al Islam Kemuhammadiayahan dimata Mahasiswa Non Muslim Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurhadi092-38704-1-pendahul-n.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurhadi092-38704-2-babi.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Kredibilitas merupakan hal yang perlu dimiliki oleh dai agar tercapai efektifitas dakwah, karena kredibilitas akan menempatkan dai pada posisi sosial yang lebih tinggi sehingga dai harus mampu menempatkan posisinya agar pesan yang disampaikan tidak menyinggung serta tidak diabaikan. Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Indonesia dengan latarbelakang mahasiswa yang berbeda-beda. Mahasiswa memiliki persepsi yang bermacam-macam, sehingga kegiatan perkuliahan al islam kemuhammadiyahan harus didukung oleh para pengajar/dosen yang mempunyai kredibilitas yang tinggi. komunikator dakwah harus bisa penyampaian pesan secara efektif agar tidak menyinggung mahasiswa non muslim. Berdasarkan masalah diatas peneliti mengambil judul Kredibilitas Komunikator Dakwah dimata Mahasiswa Non Muslim (Studi Pada Dosen Al Islam Kemuhammadiayahan dimata Mahasiswa Non Muslim di UMM). Komunikasi dakwah merupakan segala cara dan upaya, metode serta teknik penyampaian pesan serta keterampilan-keterampilan dakwah yang ditunjukkan umat atau masyarakat secara luas. Tujuan dari dakwah ini agar masyarakat yang dituju dalam hal ini madÂ’u dapat memahami, menerima dan melaksanakan pesan-pesan dakwah yang disampaikan oleh DaÂ’i. Menurut Jalaluddin Rakhmat (2002:257), kredibilitas adalah seperangkat persepsi komunikate tentang sifat-sifat komunikator. Komponen-komponen dalam membangun kredibilitas seorang komunikator adalah otoritas, good sense, good karakter, good will dan otoritas. Secara islam etika dakwah itu adalah etika islam itu sendiri, dimana secara umum seorang daÂ’i harus melakukan tindakan-tindakan yang terpuji dan menjauhkan diri dari perilaku-perilaku yang tercela. Tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tipe penelitian deskriptif bertujuan melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara factual dan cermat. Metode penentuan sampel secara stratified random sampling yaitu peneliti menetapkan pada mahasiswa non muslim angkatan 2011,2012, 2013 yang pernah dan mengikuti kuliah Al Islam Kemuhammadiyahan. Jumlah sampel yang diambil sebesar 44 orang. Metode pengukuran Angket melalui skala skala likert adalah cara pengukuran dengan menghadapkan seorang responden dengan pertanyaan dan kemudian diminta untuk memberi jawaban dan jawaban tersebut diberi skor. Analisis data yang digunakan adalah untuk mengetahui kredibilitas komunikator dakwah diuji dengan uji varian untuk mengetahui interval kredibilitas. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, dengan nilai rata-rata sebesar 127 ada pada interval kredibel. Artinya kredibilitas komunikator dakwah berada dalam kategori sedang, maka tingkat kepercayaan komunikan cukup baik, sehingga efektifitas pesan yang disampaikan cukup efektif. Hasil uji varian dari masing-masing komponen yang berada dalam kategori sangat kredibel adalah ada pada komponen otoritas dengan nilai 139 dan komponen good karakter dengan nilai 134. Artinya semakin tinggi kredibilitas komunikator dakwah, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan komunikan (mahasiswa non muslim), sehingga pesan yang disampaikan efektif. Sedangkan yang berada dalam kategori Kredibel, ada pada komponen good sense dengan nilai 128, komponen good will dengan nilai 116 dan komponen kedinamisan dengan nilai 119. artinya semakin rendah kredibilitas dosen AIK, maka semakin rendah tingkat kepercayaan komunikan, sehingga efektifitas pesan yang disampaikan kurang efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:38
Last Modified: 12 Apr 2016 12:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26433

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo