UMM Institutional Repository

PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SANTRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI PESANTREN MAHASISWA FIRDAUS KOTA MALANG

SELAMET, (2014) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SANTRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI PESANTREN MAHASISWA FIRDAUS KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-selametnim-37767-1-pendahul-n.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-selametnim-37767-2-babi.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Keberadaan motivasi dalam setiap aktivitas manusia mutlak diperlukan,termasuk dalam proses pembelajaran. Berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh tingkat motivasi setiap pihak yang berkepentingan demi tercapainya tujuan yang diinginkan. Kenyataannya tingkat motivasi antara seseorang dengan yang lainnya tidak sama.Demikian juga dalam motivasi belajar. Hal ini disebabkan oleh banyaknya faktor yang mempengaruhinya.Misalnya kondisi lingkungan, kondisi fisik, kondisi jiwa,kepentingan, kebutuhan dan masih banyak lagi yang lainnya. Berangkat dari masalah perbedaan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah perbedaan motivasi belajar para santri di Pesantren mahasiswa Firdaus kota Malang dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan para santri yang beragam?Dan sejauh manakah taraf perbedaan tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan objek penelitian adalah keseluruhan populasi santri pesantren mahasiswa Firdaus kota Malang.Pengumpulandatadalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket dan observasi.Sedangkan analisis datanya menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan para santri yang berbeda yakni antara para santri yang berlatar belakang pendidikan MA+Pondok dengan para santri yang berlatar belakang pendidikan SMA/SMK tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar di pesantren mahasiswa Firdaus kota Malang. Hal ini ditunjjukkan dengan perolehan harga t hitung sebesar 0,30 lebih kecil daripada t hitung pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 2,048.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:36
Last Modified: 12 Apr 2016 12:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26432

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo