UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN MEDIA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG SEBAGAI PERGURUAN TINGGI (Studi Pada Mahasiswa Baru P2KK Angkatan VIII Universitas Muhammadiyah Malang 2014)

Lestari, Nurul Indah (2015) PENGARUH TERPAAN MEDIA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG SEBAGAI PERGURUAN TINGGI (Studi Pada Mahasiswa Baru P2KK Angkatan VIII Universitas Muhammadiyah Malang 2014). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulindah-38705-1-pendahul-n.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulindah-38705-2-babi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan membutuhkan strategi untuk dapat menembus persaingan yang semakin ketat. Didalam strategi tersebut dibutuhkan suatu bentuk promosi. Promosi merupakan salah satu variable dari bauran pemasaran (marketing mix) Promosi penting dilakukan tidak hanya untuk perusahaan yang bergerak dibidang produksi barang namun juga perusahaan jasa pendidikan seperti perguruan tinggi swasta Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). UMM merupakan salah satu universitas swasta terkemuka di Jawa Timur karena selama tujuh tahun berturut-turut mendapat penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) dari Koordinasi Perguruan Tinggi (Kopertis) wilayah tujuh Jawa Timur sejak tahun 2008. UMM setiap tahunnya mengalami peningkatan calon mahasiswa baru. Tercatat di tahun 2012 berjumlah 11.000 pendaftar dan pada tahun 2013 mengalami peningkatan yang berjumlah 13.400 pendaftar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media promosi seperti iklan di televisi, koran, website, booklet, baliho yang telah dilakukan UMM dalam membantu keputusan mahasiswa baru untuk memilih kuliah di UMM. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah model keperkasaan efek (the powerfull effect model). Dengan asumsi bahwa kampanye melalui media massa mempunyai efek penting terhadap sikap-sikap dan perilaku. Teori tidak sesuai dengan temuan data yang peneliti peroleh dari lapangan bahwa media massa (iklan di televisi dan koran) dan nirmassa (booklet dan baliho) yang telah dilakukan UMM tidak terbukti memiliki efek kuat dalam merubah keputusan mahasiswa baru untuk memilih UMM sebagai lanjutan dari pendidikannya. Indikator yang memiliki pengaruh dominan pada penelitian ini adalah website, website merupakan media baru dan bukan termasuk kedalam kategori media massa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di kantor UPT. PMB P2KK UMM, Jl. Karyawiguna no 370, Tegalgondo, Malang dengan populasi berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sample dengan menggunakan simple random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji f dengan bantuan software SPSS 17.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 67,1% artinya variabel media promosi memiliki pengaruh terhadap variabel terikatnya, yaitu keputusan memilih perguruan tinggi swasta, sedangkan sisanya 32,9% disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media promosi terhadap keputusan memilih perguruan tinggi swasta pada mahasiswa baru peserta P2KK angakatan VIII Universitas Muhammadiyah Malang 2014.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:35
Last Modified: 12 Apr 2016 12:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26430

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo