SULISTIYANI, YENI (2014) PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN PAI DI MTs SURYA BUANA KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-yenisulist-37771-1-pendahul-n.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-yenisulist-37771-2-babi.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan full day school di MTs Surya Buana Kota Malang, juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penerapannya, serta mendeskripsikan penerapan kegiatan program dalam full day school dalam menunjang pembelajaran rumpun PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data berupa kata-kata dalam penelitian ini diperoleh penulis melalui wawancara dengan orang-orang yang dapat dipercaya kevalidan informasinya, seperti kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dan guru. Data ini dicatat secara tertulis setiap kali penulis mengadakan wawancara di lapangan. Sedangkan sumber data berupa tindakan diperoleh penulis dengan mengamati langsung kegiatan sistem full day school dalam menunjang pembelajan PAI di MTs Surya Buana. Untuk memperoleh data yang valid dan akurat, penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan sistem full day school di MTs Surya Buana dimulai dari pukul 06.45-15.30 WIB. Selain kegiatan akademik, sekolah ini juga mewajibkan peserta didik mengikuti kegiatan keislaman seperti; membaca qurÂ’an, sholat dhuha, dzuhur dan asyar berjamaah, bilingual (bahasa Arab dan Inggris), dimana kegiatan tersebut menunjang pembelajaran rumpun PAI di MTs Surya Buana. Kegiatan ini bersifat rutin, artinya siswa setiap hari mengerjakan kegiatan-kegiatan tersebut. Selain kegiatan keislaman, ada juga kegiatan keilmuan yang lainnya seperti; olimpiade, kesenian, olahraga, karya tulis dan lain sebagainya. Kegiatan ekstrakurikuler dan minat bakat di MTs Surya Buana rata-rata kegiatan yang menunjang Ujian Nasional, sehingga kegiatan-kegiatan yang ada pada ekstrakurikuler/minat bakat di MTs Surya Buana tidak ada yang berkaitan langsung dengan pembelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI). Faktor pendukung penerapan full day school di MTs Surya Buana adalah fasititas makan siang, istirahat dua kali, hotspot area, kelas dilengkapi dengan LCD, mushola dan tenaga pendidik muda. Sedangkan penghambatnya adalah lahan sekolah yang minim, tidak ada lahan kosong dengan pembangunan gedung ke atas yang menunjukkan sempitnya lingungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208) |
Depositing User: | Mrs Fatimah Azzahra |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 12:33 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 12:33 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |