UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DENGAN METODE UMMI PADA ANAK USIA 3 -6 TAHUN DI TAMAN PENITIPAN ANAK AS SAKINAH SENGKALING DAU MALANG

Khasana, Siti Uswatun (2014) PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DENGAN METODE UMMI PADA ANAK USIA 3 -6 TAHUN DI TAMAN PENITIPAN ANAK AS SAKINAH SENGKALING DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiuswatu-38776-2-babi.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitiuswatu-38776-1-pindahul-n.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Pendidikan terkonsentrasi pada tumbuh-kembang fisik anak, terlebih lagi dengan dorongan program Posyandu yang masuk kedesa-desa, sehingga perkembangan fisik anak jadi barometer masyarakat untuk menilai berhasil tidaknya keluarga mendidik anaknya yang masih Balita. Sementara pendidikan sosial, intektual, dan emosionalnya terabaikan, bahkan tidak jarang dikalahkan.Seiring perkembangan kesadaran pendidikan dan keterbatasan kemampuan serta waktu orang tua pada era reformasi ini tugas Ibu dan kakak-kakak dalam Mendidik Anak Usia Dini (3-6 tahun) secara berangsur diserahkan pada lembaga pendidikan dimasyarakat, khususnya yang orang tuanya bekerja di luar rumah terutama di Kota Malang yang sudah menjanurnya lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini (usia 0-6 tahun) seperti Kelompok bermain, Tempat Penitipan Anak, dan lembaga sejenisnya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dalam penulisan skripsi ingin mengkaji tentang: bagai mana pembelajaran al-QurÂ’an pada anak usia 3-6 tahun dengan metode Ummi di Taman Penitipan Anak As Sakinah Sengkaling Dau Malang. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah: untuk mendekripsikan penerapan metode ummi dalam pembelajaran al-QurÂ’an pada anak usia 3-6 tahun di Taman Penitipan Anak As Sakinah Sengkaling Dau Malang. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang tertentu dan perilaku yang diamati. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, documentasi, interview. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif artinya peneliti berusaha mendeskripsikan dan menginterprestasikan hasil-hasil penelitian yang terkumpul sesuai dengan apa yang dikemukakan, dilihat, dan yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar membaca Al-QurÂ’an di Taman Penitipan Anak As Sakinah Sengkaling Dau Malang sudah maksimal berhasil, serta kopetensi yang ada dapat dicapai dengan baik. Adapun penerapan metode menggunakan metode model Ummi yang relatif belum banyak dikenal namun terbukti efektif untuk meningkatkan keberhasilan belajar membaca Al QurÂ’an, terutama pada PAUD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:33
Last Modified: 12 Apr 2016 12:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26428

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo