UMM Institutional Repository

UPAYA GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MA'ARIF 01 NURUL MUTTAQIN TLOGOWARU KEDUNGKANDANG MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SHOFIYAH, (2014) UPAYA GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MA'ARIF 01 NURUL MUTTAQIN TLOGOWARU KEDUNGKANDANG MALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shofiyahni-37776-1-pendahul-n.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shofiyahni-37776-2-babi.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Dekadensi moral yang terlihat dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan siswa Sekolah Menengah Pertama mulai dari cara bicara, bertindak dan berkomunikasi dengan oarang tua, guru dan teman sangat memprihatinkan. Untuk itu perlu adanya penanaman pendidikan agama yang meliputi penanaman akhlakul karimah yaitu melalui pembinaan akhlak yaitu melalui pembiasaan, keteladanan, nasehat dan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam pembinaan akhlak siswa SMP Ma'arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang. Selain itu juga untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat maupun pendukung bagi guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa SMP Ma'arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang tahun pelajaran 2013/2014. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan informan kepala sekolah, guru PAI, wali kelas VIII B dan siswa SMP Ma'arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Kedungkandang Malang. Teknik penggalian data dilakukan melalui observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan guru PAI di SMP Ma'arif 01 Nurul Muttaqin Malang Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam pembinaan akhlak siswa melalui: keteladanan, pembiasaan, nasehat dan cerita. (2) Faktor pendukung, penghambat, dan jalan keluar dalam pembinaan akhlak di SMP Ma'arif 01 Nurul Muttaqin Malang Tahun Pelajaran 2013/2014, meliputi: (a) Faktor pendukung yaitu, guru (internal), orang tua (eksternal) dan masyarakat (eksternal). (b) Faktor penghambat yaitu, guru yang tidak konsisten (internal) jalan keluarnya adalah guru diingatkan dan dinasehati oleh kepala sekolah, siswa (eksternal) yang melakukan perkelahian jalan keluarnya adalah guru PAI dan wali kelas memberikan arahan, nasehat dan bimbingan pada siswa, penyalahgunaan Hp (eksternal) jalan keluarnya adalah dengan melarang siswa untuk membawa Hp ke sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:26
Last Modified: 28 Feb 2018 06:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26423

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo