UMM Institutional Repository

UPAYA MADRASAH DALAM MENDISIPLINKAN SISWA UNTUK MELAKSANAKAN SHOLAT DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG

KUDSIYAH, SITI (2014) UPAYA MADRASAH DALAM MENDISIPLINKAN SISWA UNTUK MELAKSANAKAN SHOLAT DI MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitikudsiy-37778-1-pendahul-n.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitikudsiy-37778-2-babi.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Sholat merupakan kewajiban bagi setiap muslim maka tidak terkecuali baik yang sehat maupun yang sakit serta orang dewasa semuanya wajib melakukan ibadah sholat, oleh karena itu perlu dibiasakan sejak dini. Anak yang pada masa jenjang usia MTs / SMP ( usia 13 – 16 tahun umumnya atau rata – rata masyarakat usia itu sudah termasuk aqil baligh, oleh karena itu mereka masuk dalam kategori yang sudah berkewajiban melakukan sholat 5 waktu. Waktu – waktu sholat yang memungkinkan untuk bisa dilaksanakan saat di sekolah adalah sholat sunnah Dhuha dan sholat wajib Dhuhur. siswa diharapkan dapat melaksanakan sholat dengan tepat waktu, diharapkan dengan ibadah shalat siswa dapat mencerminkan sikap selalu taat dan patuh. Kondisi itu idealnya akan memberi rangsangan positif terhadap siswa untuk melaksanakan tuntutan shalat dengan penuh kesadaran dan kekhusuan dalam upaya membentuk manusia yang berakhlak. Namun di sisi lain terbukti masih ada beberapa siswa tidak mau melakukan sholat. Hal ini terlihat pada saat siswa melakukan sholat Dhuha dan sholat Dzuhur masih ada beberapa siswa yang sembunyi, bermalas – malasan untuk melakukan sholat tepat waktu. Guru selalu menyuruh atau memerintahkan siswa agar segera pergi ke masjid Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) Mendiskripsikan kedisiplinan Sholat siswa di MTs Muhammadiyah 1 Malang, (2) Mendiskripsikan Upaya Madrasah dalam mendisiplinkan sholat pada siswa di MTs Muhammadiyah 1 Malang, (3) Mengidentifikasi hambatan yang dihadapi Madrasah dalam mendisiplinkan sholat pada siswa di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kedisiplinan sholat saat di Madrasah pada siswa di MTs Muhammadiyah 1 Malang? (2) Bagaimana upaya Madrasah dalam mendisiplinkan sholat di Madrasah pada siswa di MTs Muhammadiyah 1 Malang? (3) Apa hambatan yang dihadapi Madrasah dalam upaya mendisiplinkan sholat pada siswa di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi lapangan. Pemilihan MTs Muhammadiyah 1 Malang sebagai setting penelitian karena disekolahan tersebut salah satu yang menjadi output kelulusan adalah kedisiplinan dalam sholat. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru piket, guru rumpun PAI serta siswa di MTs tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis diskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Pendisiplinan di MTs ini belum bisa menampakan kedisiplinan (2) upaya guru yang dilakukan dalam pendisiplinan adalah dengan sistem dipaksa, bisa, terbiasa ,tradisi dan luar biasa (3) hambatan nya dari siswa yang sulit untuk dibina karena terbatasnya waktu (4) faktor pendukung ialah sudah memiliki tempat sarana beribadah yaitu masjid dan guru – guru yang berkompeten dalam kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:24
Last Modified: 12 Apr 2016 12:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26421

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo