UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE QIRO'ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT SEMBUJO KEPANJEN KABUPATEN MALANG

NADHIROH, TITIN (2015) PENERAPAN METODE QIRO'ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT SEMBUJO KEPANJEN KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titinnadhi-38779-2-babi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titinnadhi-38779-1-pendahul-n.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Metode Qirolati digunakan diberbagai lembaga dalain pembelajaran membaca al-Qur'an. Metode tersebut juga digunakan di Taman Kanak-kanak Muslimat Sembujo, karena itulah penelitian ini dilakukan dengan judul Penerapan metode Qiro'ati dalam pembelajaran membaca al-Qur'an di Taman Kanak-Kanak Muslimat Sembujo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui alasan yang mendasari Taman Kanak-kanak Muslimat Sembujo untuk memilih metode Qiro'ati dalam pembelajaran membaca al-Qur'an pada peserta didik, mengetahui penerapan pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode Qiro'ati, mengetahui hasil penerapan pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode Qiro'ati, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat Muslimat Sembujo. Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Penelitian data diperoleh melalui teknik observasi, dokumen dan wawancara. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala TK Muslimat Sembujo, pendidik dan peserta didik Taman Kanak-kanak Muslimat Sembujo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif Hasil analisis dalam menunjukkan bahwa alasan yang mendasari dipilihnya metode Qiro'ati dalam pembelajaran membaca al-Qur'an di Taman Kanak-kanak Muslimat sembujo karena huruf atau kalimatnya bersyakal (tanda baca) pemberian materi secara bertahap dan berkesinambungan, berdasarkan pada kesiapan dan kemampuan peserta didik sendiri. Pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode Qiro'ati meliputi: tahap Pra-instruksional, tahap intruksional dan tahap post-intruksional. Adapun penerapan pembelajaran membaca al-Qur'an dengan metode Qiro'ati menunjukkan bahwa rata-rata santri dapat menghatamkan jilid satu membutuhkan waktu enam bulan sampai satu tahun. Sedangkan faktorfaktor yang menjadi pendukung dan penghambat meliputi pelaksanaan, penguasaan materi oleh santri dan kompetensi para pendidiknya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:22
Last Modified: 20 Feb 2018 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26420

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo