UMM Institutional Repository

UPAYA GURU DALAM MEMBINA PERILAKU SOPAN ANAK USIA DINI DI RA DAARUL FIKRI DAU KABUPATEN MALANG

SAIYAH, SITI MALIKATUS (2014) UPAYA GURU DALAM MEMBINA PERILAKU SOPAN ANAK USIA DINI DI RA DAARUL FIKRI DAU KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitimalika-37781-1-pendahul-n.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitimalika-37781-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Anak merupakan anugerah Allah pada orang tua. Mempunyai anak yang berperilaku sopan merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua, karena perilaku sopan anak merupakan cerminan bagi orang tuanya. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi tentu berpengaruh pula terhadap perilaku anak. Perilaku sopan anak tidak datang dengan sendirinya melainkan perlu adanya bimbingan dari orang lain, dalam hal ini adalah guru. Guru turut bertanggung jawab dalam membina perilaku sopan anak di sekolah. Berbagai macam upaya telah guru lakukan dalam membina perilaku sopan anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya guru dalam membina perilaku sopan anak usia dini di RA Daarul Fikri Dau Kabupaten Malang. Selain itu, juga untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung serta faktor-faktor yang menjadi penghambat bagi upaya guru dalam membina perilaku sopan anak usia dini di RA Daarul Fikri Dau Kabupaten Malang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah guru-guru kelompok A di RA Daarul Fikri Dau Kabupaten Malang. Pemilihan RA Daarul Fikri sebagai tempat penelitian karena lulusan dari sekolah ini kebanyakan mempunyai perilaku yang sopan. Adapun kelompok A yang dijadikan obyek penelitian, karena kelompok A ini merupakan kelompok pemula dan menjadi syarat untuk mengikuti kelompok berikutnya yaitu kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara/intervie, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melakukan berbagai upaya dalam membina perilaku sopan anak usia dini di RA Daarul Fikri Dau Kabupaten Malang. Upaya guru tersebut antara lain adalah dengan memberikan nasehat, teguran, pemberian contoh langsung, menceritakan kisah-kisah teladan serta pemberian hadiah. Terdapat faktor yang mendukung upaya guru dalam membina perilaku sopan anak yaitu adanya kerja sama antara guru, orang tua dan lingkungan, ruang kelas yang memadai serta adanya media. Faktor yang menjadi penghambat dalam membina perilaku sopan anak adalah adanya pengaruh perilaku dari orang tua dan lingkungan serta terbatasnya waktu anak di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:20
Last Modified: 12 Apr 2016 12:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26418

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo