UMM Institutional Repository

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (Studi di SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang

SLAMET, (2014) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (Studi di SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-slametnim2-37783-1-pendahul-n.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-slametnim2-37783-2-babi.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan rencana dan gerak kepala sekolah kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan yang bermutu yang dilaksana-kan di sekolah SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang di masa depan. Selain itu, juga mengungkap proses pengembangan pendidikan tersebut baik dalam bentuk sarana prasarana maupun kegiatan (formal/nonformal/informal) yang di- lakukan oleh kepala sekolah di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang. Pemilihan sekolah SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang sebagai setting penelitian didasarkan pada gaya kepemimpinan kepala sekolah, faktor-faktor yang me- nyebabkan gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan bagaimana cara me- ngembangkan gaya kepemimpinan kepala sekolah SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang dalam menjalankan keorganisasian di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui sumber data, interview, observasi, non sistimatis, dan sistimatis, serta dokumentasi guna mendapatkan gambaran gaya kepemimpinan kepala sekolah SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis kualitatif dengan cara pengecekan data, trianggulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk gaya kepemimpinan kepala sekolah SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang tergambar dalam bentuk kegiatan dengan tampilan gaya kepemimpinan executive dalam sikap dan gaya kepemimpinan situasional dalam bentuk gaya (delegating) mendelegasikan tugas dan wewenang dengan menerapkan sistem kontrol yang baik terhadap bawahan maupun orang lain. Dua hal tersebut diterapkan dalam kegiatan pendidikan formal, nonformal, dan informal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:18
Last Modified: 12 Apr 2016 12:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26415

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo