UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN BACA AL QUR'AN MELALUI PERMAINAN MENYUSUN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 19 MALANG

FITRIANI, (2015) PEMBELAJARAN BACA AL QUR'AN MELALUI PERMAINAN MENYUSUN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 19 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriani20-38905-1-coversk-i.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriani20-38905-2-bab1.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pembelajaran Al-Qur'an pada anak usia dini. Anak usia dini adalah anak yang sedang mengalami masa golden age atau masa keemasan yang artinya anak akan mudah dalam menangkap atau menerima sesuatu yang baru. Oleh karena itu pembelajaran Al-Qur'an, secara sederhana yaitu mengenal huruf Hijaiyah sangat penting sebagai dasar mengenal Al-Qur'an. Tujuan dalam melaksanakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran baca Al-Qur'an melalui permainan menyusun huruf Hijaiyah pada anak usia dini serta hasil dari pembelajaran baca Al-Qur'an melalui permainan menyusun huruf Hijaiyah pada anak usia dini. Pendekatan yang di gunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan informan penelitian adalah guru kelompok A, Kepala Sekolah, dan anak kelompok A TK ABA 19 Malang yang berusia 4-5 tahun. Peneliti memilih kelompok A sebagai informan penelitian karena mereka sudah mulai memahami perintah, instruksi, dan mulai mengenal Al-Qur'an, sehingga sangat tepat untuk mengenalkan huruf Hijaiyah sebagai pondasi pembelajaran Al-Qur'an. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan permainan menyusun huruf hijaiyah pada usia dini meliputi: metode pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an yaitu anak-anak berlomba dalam menyusun huruf Hijaiyah, lomba dilakukan perkolompok sebanyak 3 anak, hal ini dilakukan sebagai evaluasi pembelajaran Al-Qur'an melalui permainan menyusun huruf Hijaiyah sesuai dengan indikator yang meliputi: anak dapat mematuhi peraturan yang ada, senang bermain dengan teman, mengajak teman untuk bermain dan belajar, menggabungkan 3-4 huruf hijaiyah. Sedangkan hasil dari pembelajaran dengan permaian ini yaitu anak menjadi tidak bosan, adanya variasi pembelajaran, kemampuan dalam membaca Al-Qur'an meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:15
Last Modified: 14 Feb 2018 04:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26414

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo