UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI PESAN PADA IKLAN PARTAI GOLKAR DI TELEVISI (Analisis Wacana pada Pencitraan Abu Rizal Bakrie melalui Iklan di Televisi)

Pranasa, Risyaf Kudus (2015) KONSTRUKSI PESAN PADA IKLAN PARTAI GOLKAR DI TELEVISI (Analisis Wacana pada Pencitraan Abu Rizal Bakrie melalui Iklan di Televisi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risyafkudu-38710-1-pendahul-n.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risyafkudu-38710-2-babi.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Menjelang pemilu presiden 2014, banyak iklan politik yang mengenalkan identitas, jati diri dari tokoh politik. Berbagai media digunakan oleh tokoh-tokoh politik dalam melakukan sosialisasi dirinya dan visi-misinya untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Disini televisi merupakan media yang paling efektif dan efisien untuk membangun citra dan popularitas tokoh politik. Salah satu tokoh politik yang kerap mengiklankan dirinya adalah Abu Rizal Bakrie, Abu Rizal Bakrie mengiklankan dirinya dengan baik melalui iklan politik partai Golkar. Secara kasat mata iklan tersebut dinilai berusaha untuk menaikan popularitas Abu Rizal Bakrie dan membuat pencitraan yang baik terhadap dirinya. Namun dilihat dengan teliti, ada kritikan yang ditujukan kepada pemerintah yang sedang berkuasa saat ini dalam mengatasi masalah yang ada di masyarakat Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui wacana apa saja yang terdapat pada iklan politik partai Golklar terkait pencitraan tokoh politiknya yakni Abu Rizal Bakrie, dan mengetahui makna dibalik kata-kata yang diucapkan maupun gambar-gambar yang ada didalam iklan tersebut. Tentu ada maksut-maksut tersembunyi yang ingin disampaikan oleh Abu Rizal Bakrie melalui iklan politiknya serta bagaimana cara Abu Rizal Bakrie mengkosntruksi pesan-pesanya melalaui iklan politiknya untuk mempengaruhi pola pikir masyarakat. Terkait pencitraan Abu Rizal Bakrie yang terdapat pada iklan politik partai Golkar, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis wacana Teun Van Dijk. Analisis wacana dipilih karena melalui analisis ini peneliti dapat mengetahui makna-makna yang tersembunyi dibalik teks iklan politik partai Golkar dalam hal pencitraan Abu Rizal Bakrie. Dalam hal ini makna tersembunyi yang dimaksut adalah makna apa saja yang terdapat dalam setiap gambar yang disajikan, serta dalam teks atau ucapan yang disampaikan oleh Abu Rizal Bakrie terkait pencitraanya. Adapun hasl penelitian dari keseluruhan analisis yang dilakukan oleh peneliti terhadap pencitraan Abu Rizal Bakrie yang terdapat pada iklan politik partai Golkar diperoleh sebagai berikut. Pertama dari keseluruhan iklan politik partai Golkar yang dianalisis ditemukan proses pencitraan Abu Rizal Bakrie dengan menghapuskan stigma negative masyarakat terhadap dirinya. Kedua Abu Rizal Bakrie ditampilkan sebagai sosok yang perduli terhadap pendidikan, ekonomi, kesejahteraan masyarakat, pertanian, meskipun hal ini tidak terlepas dari track record Abu Rizal Bakrie yang seorang pengusaha sempat terkena masalah lingkungan dengan masyarakat Sidoarjo di jawa Timur terkait perusahaanya yang penyelesaianya belum jelas hingga kini. Ketiga Abu Rizal Bakrie berusaha merekonstruksi dan membentuk wacana agar masyarakat tidak lagi percaya dengan pemerintah yang sedang berkuasa saat ini, dan mempengaruhi masyarakat agar percaya dengan wacana yang diberikan oleh Abu Rizal Bakrie yang dianggap bisa menjadikan pemerintahan jauh lebih baik. Ketiga dalam iklan partai Golkar terkait dengan pencitraan dirinya masih terdapat adanya kejanggalan didalamnya. Diantaranya pada iklan tersebut Abu Rizal Bakrie berusaha ingin menampilkan dirinya sebagai masyarakat sipil yang perduli dengan masyarakat. Namun dalam semua iklanya Abu Rizal Bakrie selalu tampil dengan menggunakan pakaian formal dan menimbulkan dirinya tidak bisa lepas dari sosok seorang kapitalis dan elit politik yang justru akan merugikan dirinya, karena akan membuat jarak antara dirinya dengan masyarakat semakin jauh dan terbatas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:17
Last Modified: 12 Apr 2016 12:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26413

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo