UMM Institutional Repository

ANALISIS KONSEP EGO DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN PEMBEBASAN (Studi Pemikiran Muhammad Iqbal)

ISLAMIYAH, SUWAIBATUL (2015) ANALISIS KONSEP EGO DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN PEMBEBASAN (Studi Pemikiran Muhammad Iqbal). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suwaibatul-38906-1-pendahul-n.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suwaibatul-38906-2-babi.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Pendidikan saat ini terlalu diarahkan pada kepentingan pasar, bukan pada pengembangan potensi yang mendewasakan sehingga dapat memikul tugas-tugas perubahan. Dalam konteks inilah, pemikiran Muhammad Iqbal masih relevan untuk direnungkan kembali di tengah krisis kemanusiaan yang belum menempatkan manusia pada konteks individualitasnya yang khas dan asli. Berangkat dari itulah penelitian ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk merumuskan kembali bagaimana konsep pendidikan Muhammad Iqbal dan konsep manusia (ego) yang sesungguhnya sehingga manusia harus mampu terus bergerak dinamis dan kreatif. Konsep ego dalam penelitian ini akan ditinjau dari perspektif pendidikan pembebasan, yaitu pendidikan yang membebaskan siswa dari pengekangan dan menggantinya dengan pendidikan kritis. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka yaitu dengan mengedepankan sebuah konsep atau gagasan suatu tokoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis karena bentuk penelitian literatur dengan corak analisis tekstual yang berorientasi pada upaya menggali suatu konsep dan meninjau konsep tersebut dari perspektif yang lain untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Pengumpulan data ini memakai metode kepustakaan (library research), yaitu pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur buku, jurnal, majalah, maupun surat kabar yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, analisis konsep ego dari pemikiran Muhammad Iqbal dalam perspektif pendidikan pembebasan mempunyai konsep sebagai berikut: a) kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan bagi peserta didik akan membebaskannya dari pemaksaan/indoktrinasi, b) individualisasi peserta didik sesuai potensinya harus memperhatikan hak berpendapat setiap peserta didik, c) pendidikan realitas yaitu pendidikan berbasiskan pengalaman hidup yang disertai dengan praktek ilmu pengetahuan yang konkrit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:13
Last Modified: 12 Apr 2016 12:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26412

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo