UMM Institutional Repository

SURAT AL-MAÂ’UN DALAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN (KAJIAN ASPEK PENDIDIKAN)

MALIK, ABDUL (2014) SURAT AL-MAÂ’UN DALAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN (KAJIAN ASPEK PENDIDIKAN). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulmalik-36877-1-pendahul-n.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulmalik-36877-2-babi.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek pendidikan Surat Al-MaÂ’un dalam perspektif K.H. Ahmad Dahlan dan aplikasinya dengan pengajaran Al-QurÂ’an dalam mendidik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan teladan, solusi, serta sumbangan pemikiran bagi tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jawaban dari pertanyaan tentang perspektif K.H. Ahmad Dahlan dalam kaitannya dengan pengajaran Surat Al-MaÂ’un. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode penelitian sejarah sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research), pengumpulan data dilakukan dengan cara penelusuran terhadap karya-karya para intelektual Muhammadiyah terutama yang berkaitan dengan K.H. Ahmad Dahlan dan pemikirannya. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana yang akan mengungkap berbagai literatur dari objek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Kandungan surat Al-MaÂ’un Perspektif K.H. Ahmad Dahlan adalah memberi penjelasan kepada umat Islam untuk memikirkan nasib orang miskin, terutama mengajak orang-orang berpunya (the have men), mempraktikkan dalam bentuk amalan nyata, Dan sebagai bentuk pengamalannya dalam kehidupan nyata dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan (sekolah), penolong kesengsaraan umum (PKO) dan panti asuhan. 2). Metode K.H. Ahmad Dahlan dalam memberikan pengajaran surat Al-MaÂ’un dengan kaitannya dalam aspek pendidikan. Metode yang dilakukannya adalah metode konstruktif. K.H. Ahmad Dahlan lebih mengedepankan pembangunan karakter umat dan merekonstruksi pola fikirnya, dengan mengajak umat menggunakan akal sebagai alat untuk berpikir. Beliau juga mengajarkan bahwa belajar itu setingkat demi setingkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:07
Last Modified: 12 Apr 2016 12:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26409

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo