UMM Institutional Repository

Makna Mural save KBS Sebagai Kritik Sosial Terhadap Kebun Binatang Surabaya (Analisis semiotik pada mural Gerakan Ikhlas karya komunitas Serbuk Kayu).

Pujalaksana, Tri Yoga (2015) Makna Mural save KBS Sebagai Kritik Sosial Terhadap Kebun Binatang Surabaya (Analisis semiotik pada mural Gerakan Ikhlas karya komunitas Serbuk Kayu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triyogapuj-38712-1-pendahul-n.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triyogapuj-38712-2-babi.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada salah satu karya street art yang berhubungan dengan Konflik yang memanas di Kebun Binatang Surabaya. Yang menyebabkan kematian pada sejumlah koleksi satwa yang ada diKebun Binatang Surabaya. Membuat dua perupa dari komunitas SERBUK KAYU meresponnya dalam bentuk komunikasi visual yakni mural. Menggambarkan keadaan sosial yang ada didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna dari tanda –tanda yang disampaikan dalam mural versi “Gerakan Ikhlas” save KBS. Dalam penelitian ini ada tinjauan pustaka menjadi rujukan untuk membantu peneliti dalam melakukan penelitian, salah satunya adalah komunikasi visual. Komunikasi visual sebagai suatu sistem pemenuhan kebutuhan manusia di bidang informasi visual melalui lambang-lambang kasat mata (Tinaburko sumbo, 2003) dan Kritik Sosial, Menurut (Mochtar Mas’oed, 1999 : 13) adalah penilaian ilmiah atau pengujian terhadap masyarakat pada suatu saat. Peneliti ini menggunakan metode penelitian intepretatif dengan menggunakan analisis semiotik. Pada mural tersebut akan diteliti dengan menggunakan pendekatan studi semiotik, yaitu teori semiotik menurut Charles S. Pierce. Berdasarkan teori semiotik Pierce maka gambar mural tersebut akan diteliti berdasarkan pengelompokan tanda Pierce. Ikon (icon) yaitu suatu hubungan antara tanda dan objek yang bersifat kemiripan. Indeks (index) yaitu adanya suatu hubungan alamiah dengan antara tanda dan petanda yang terdapat hubungan sebab akibat. Simbol (symbol) yaitu merupakan tanda yang menunjukan hubungan alamiah antara penanda dengan petandanya. Didukung dengan analisis paradigmatik milik Levi-strauss dimana menentukkan oposisi berlawanan dari hasil peristiwa dalam mural” Gerakan Ikhlas”. Berdasarkan pengamatan peneliti terhadap makna mural “Gerakan Ikhlas” kritik terhadap Kebun Binatang Surabaya ini, maka peneliti memaknai icon pada mural adalah gambar kondisi gajah dan ikan dalam toples dengan staff petugas Kebun Binatang Surabaya. Indeks nya adalah makna tulisan “Migrasi Ke sorga” sedangkan symbol dengan pemaknaan karakter warna merah pada sepatu . dan ditemukan oposisi yang berlawan yakni Satwa dan KBS .Berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian pada makna mural “Gerakan Ikhlas “ sebagai kritik terhadap Kebun Binatang Surabaya maka dapat dimaknai bahwa mural bukan hanya sekedar gambar yang tidak memiliki makna, Namun dibalik itu ada sebuah pesan yang terkandung yakni berupa kritik sosial terhadap kondisi Kebun Binatang Surabaya yang terdapat konflik dalam internal pengelolanya yang berdampak pada kematian sejumlah satwa yang ada didalamya. Dari pihak –pihak ini memiliki kepentingan saling berebut kekuasaan atas kepengurusan Kebun Binatang Surabaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:09
Last Modified: 12 Apr 2016 12:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo