UMM Institutional Repository

KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SMP PGRI 2 KALIPARE KABUPATEN MALANG

ZARKONI, (2014) KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SMP PGRI 2 KALIPARE KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zarkoninim-37785-1-pendahul-c.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zarkoninim-37785-2-babi.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kinerja guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang (2) mengetahui hasil pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif, dalam proses teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analis datanya penulis menggunakan analis kulitatif deskriptif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di SMP PGRI 2 Kalipare Kabupaten Malang. Yaitu dengan cara 1. Pembinaan akhlak siswa kepada Allah SWT meliputi: (a) pembiasaan shalat dhuha (b) pembisaan shalat dhuhur berjamaah (c) pembiasaan doa bersama sebelum dan sesudah belajar, 2. Pembinaan akhlak siswa dengan lingkungan yaitu dengan pembiasaan hidup bersih 3. Pembinaan akhlak siswa kepada sesama manusia dengan cara (a) pembiasaan beramal setiap hari JumÂ’at dan (b) pembiasaan senyum, salam dan sapa. Penerapan metode pembiasaan tersebut tida kterlepas dari faktor pendukung yaitu: fasiltas ibadah, adanya kartu monitoring shalat dhuha dan dhuhur, dan peran aktif guru-guru yang beragama Islam. Sedang faktor yang menjadi penghambat adalah: kurang minatnya siswa untuk melaksanakan shalat dan latar belakang keluarga yang kurang agamis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 11:58
Last Modified: 12 Apr 2016 11:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26406

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo