UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH VI KABUPATEN MALANG

NURROHMAWATI, ATIKA ASRI (2014) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH VI KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-atikaasrin-36878-1-pendahul-n.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-atikaasrin-36878-2-babi.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti saat menjalani Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang mendapati guru PAI masih kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran ketika mengajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dan dampaknya terhadap peningkatan motivasi belajar PAI pada siswa SMP Muhammadiyah Kabupaten Malang. Selain itu, juga mengungkapkan tentang media yang digunakan oleh guru PAI dalam pembelajaran PAI, kemudian mengungkapkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran dan peningkatan motivasi belajar PAI siswa SMP Muhammadiyah VI Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode gabungan atau mixed methodsyang mengabungkan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan objek penelitian guru PAI dan peserta didik yang berada di kelas VII B.Pemilihan SMP Muhammadiyah VI Kabupaten Malang sebagai tempat penelitian karena guru PAI di sekolah tersebut menggunakan media pembelajaran saat mengajar PAI. Pengumpulan data dilakukan melalui passif observation, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI, sebagai berikut: Media slide (Program Microsoft Powerpoint, aplikasi belajar tajwid, Maktabah Syamilah dan Al-Qur'an digital), Media Grafis (gambar dan tabel), Media yang mempunyai daya liput terbatas (video), Media proyeksi (LCD proyektor) dan Media cetak (modul, Al-QurÂ’an dan IqroÂ’). Sedangkan kemampuan guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran bisa dikatakan baik, meskipun dalam pengembangan media pembelajaran masih belum dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tujuan pembelajaran.Dampak penggunaan media pembelajaran adalah motivasi belajar PAI pada siswa SMP Muhammadiyah VI Kabupaten Malang mengalami peningkatan ketika guru PAI mengajar menggunakan media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan angket yang menunjukkan persentase peningkatan motivasi belajar PAI sebesar 11,39%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:04
Last Modified: 12 Apr 2016 12:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26405

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo