UMM Institutional Repository

KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PANDANGAN PROF. DR. AHMAD TAFSIR

HAFSARI, YONA ERIZCA (2014) KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PANDANGAN PROF. DR. AHMAD TAFSIR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yonaerizca-37067-1-pendahul-n.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yonaerizca-37067-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurikulum pendidikan Islam dalam pandangan Prof. Dr. Ahmad Tafsir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian adalah pemikiran-pemikiran Prof. Dr. Ahmad Tafsir tentang kurikulum pendidikan Islam berupa karya-karya buku atau tulisan beliau. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inti dari kurikulum pendidikan Islam dalam pandangan Prof. Dr. Ahmad Tafsir adalah 1) pembinaan kalbu (hati). Karena kalbu (hati) adalah pengendali manusia, jadi kalbu (hati) tersebut harus dipenuhi dengan iman agar tercapai tujuan pendidikan Islam yaitu terciptanya insan yang kaffah, tidak hanya jasmani sehat serta kuat ditambah dengan akal yang cerdas serta pandai, tetapi memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan ajaran Islam. 2) Budi pekerti sebagai mata pelajaran di sekolah harus diajarkan. Yaitu budi pekerti yang menggunakan arti akhlak, yang dimaksud budi pekerti adalah tuntunan sekaligus ukuran baik buruk perbuatan, sedangkan akhlak ialah budi pekerti yang ditentukan oleh agama. Mata pelajaran budi pekerti (akhlak) juga tidak perlu diajarkan terpisah dari pelajaran agama (Islam) karena akhlak sudah ada di dalam mata pelajaran agama (Islam), karena akhlak merupakan inti agama (Islam). Hal ini juga sesuai dengan inti dari Pancasila yaitu keimanan, dan keimanan berarti harus beriman yaitu artinya harus beragama. Dari sini dapat diketahui bahwa yang dikehendaki oleh Pancasila ialah mata pelajaran agama yang di dalamnya ajaran budi pekerti dalam arti akhlak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 11:40
Last Modified: 12 Apr 2016 11:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26400

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo