UMM Institutional Repository

POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Studi di SD. Muhammadiyah 08 K.H. Mas Mansyur Kota Malang)

PUSPIKASARI, YEKTI (2014) POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Studi di SD. Muhammadiyah 08 K.H. Mas Mansyur Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yektipuspi-34783-2-babi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yektipuspi-34783-1-pendahul-n.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendiskripsikan peran kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 K.H. Mas Mansyur Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 K.H. Mas Mansyur Kota Malang. (2) Mendiskripsikan pola kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 K.H. Mas Mansyur Kota Malang (3) Mendiskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SD. Muhammadiyah 08 K.H. Mas Mansyur Kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan penelitian kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam. Lokasi penelitian di SD. Muhammadiyah 08 K.H. Mas Mansyur Kota Malang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kepala sekolah berperan sebagai inovator, motivator, pendidik, manajer, dan pemimpin (leader), supervisordalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SD. Muhammadiyah 08 K.H. Mas Mansyur Kota Malang, sedangkan pola yang dipakai oleh kepala sekolah adalah pola kepemimpinan demokratis. Adapun Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam adalah:1. Peserta didik sudah terkondisikan sejak awal sehingga pelaksanaan program kerja keagamaan berjalan dengan mudah. 2. Adanya program ekstrakurikuler keagamaan yang banyak sehingga sangat membantu siswa dalam pembelajaran maupun kegiatan non pembelajaran. 3. Kerjasama dengan guru sudah terjalin dengan baik sehingga mempermudah kepala sekolah dalam melakukan peningkatan kualitas pendidikan agama Islam yang ada di sekolah seperti dalam hal kedisiplinan dan pembiasaan. Adapun faktor penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah adalah: 1. Profesionalitas guru dalam menyesuaikan perkembangan siswa terutama pada psikologis dan sosiologis. 2. Guru agama belum menyentuh penguasaan IT yang lebih canggih. 3. Masyarakat dan orang tua kurang terlibat pada pendidikan dan perkembangan siswa sehingga pengawasan pada siswa ketika sudah berada di luar sulit dilakukan. 4. Masih terbatasnya fasilitas yang ada di sekolah terutama tempat ibadah dan tempat wudhu yang dikarenakan kurangnya tempat. Hal ini sangat kurang untuk menanmpung siswa yang semakin bertambah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 11:33
Last Modified: 12 Apr 2016 11:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26398

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo