UMM Institutional Repository

PENGARUH KARAKTERISTIK BRAND AMBASSADOR DALAM IKLAN TERHADAP CITRA MEREK VASELINE MEN (Studi Pada Pemirsa Iklan di Kalangan Komunitas Black Motor Community Malang)

Kusumaningtyas, Tri Ajeng Natalina (2015) PENGARUH KARAKTERISTIK BRAND AMBASSADOR DALAM IKLAN TERHADAP CITRA MEREK VASELINE MEN (Studi Pada Pemirsa Iklan di Kalangan Komunitas Black Motor Community Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triajengna-38713-1-pendahul-n.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triajengna-38713-2-babi.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penggunaan iklan sebagai strategi pemasaran biasanya didukung oleh kehadiran brand ambassador. Brand ambassador adalah seseorang yang dapat dipercaya untuk mewakili produk tertentu. Salah satu produk yang menggunakan brand ambassador adalah Vaseline Men dari PT Unilever Indonesia Tbk. Pihak Vaseline Men menggandeng Band Noah sebagai brand ambassador produk mereka. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu adalah pengaruh dari karakterisik brand ambassador terhadap citra merek Vaseline Men, berapa besarnya pengaruh karakteristik brand ambassdor terhadap citra merek dan bagaimana arah pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan teori Kredibilitas Sumber (source credibility) oleh Hovland. Hipotesis yang ada dalam penelitian ini ada tiga yaitu H1: Ada pengaruh dari brand ambassador terhadap citra merek dan H0: Tidak ada pengaruh dari brand ambassador terhadap citra merek, H1: Ada pengaruh besar dari brand ambassador terhadap citra merek dan H0: Ada pengaruh kecil dari brand ambassador terhadap citra merek, H1: Semakin kuat brand ambassador, semakin positif citra mereknya dan H0: Semakin kuat brand ambassador, semakin negatif citra mereknya. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di komunitas Black Motor Commnunity Malang dengan populasi berjumlah 30 orang anggota bikers Black Motor Community Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan peneliti terdapat 30 responden yang memenuhi syarat. Oleh karena jumlah populasi kurang dari 100 maka digunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara karakteristik brand ambassador dengan citra merek berdasarkan nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,919 menunjukkan bahwa pengaruh antara karakteristik brand ambassador dan citra merek masuk dalam interval koefisien 0.80-1.000 dan termasuk dalam kategori sangat kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,844 atau 84% variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Persamaan regresi linier sederhana adalah Y= 1,420 + 0.625X. Hal ini menunjukkan bahwa brand ambassador berpengaruh positif yang dilihat dari tanda positif dari persamaan regresi terhadap citra merek dengan peningkatan 0,625X setiap tambahan satu satuan brand ambassador. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh besar yaitu sebesar 0,84 atau 84% dari brand ambasador terhadap citra merek pada anggota komunitas Black Motor Community Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 12:03
Last Modified: 12 Apr 2016 12:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26396

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo