UMM Institutional Repository

Analisa Hak-Hak Konsumen Telkom Speedy Terkait Dengan Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen No 8 Tahun 1999 (Studi Di PT. Telkom Kab. Lumajang)

Wijaya, Wilda Agus (2015) Analisa Hak-Hak Konsumen Telkom Speedy Terkait Dengan Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen No 8 Tahun 1999 (Studi Di PT. Telkom Kab. Lumajang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wildaagusw-38714-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wildaagusw-38714-2-babi.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya jaman dalam beberapa tahun belakangan ini memunculkan beberapa kemajuan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah kemajuan tekhnologi dalam bidang komunikasi yakni internet. Peluang ini dimanfaatkan oleh PT Telkom dengan membuat sebuah produk yang bernama Telkom Speedy. Pada dasarnya layanan telekomunikasi tidak terlepas dengan adanya masalah atau keluhan selama pemakaian layanan internet tersebut, salah satunya adalah kenaikan tarif secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan kepada pelanggan, hal ini yang membuat tertarik penulis untuk meneliti Hak-Hak Konsumen Telkom Speedy Terkait Dengan Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen No 8 Tahun 1999 Dengan Studi Di PT Telkom Kab. Lumajang. Adapun permasalahan yang akan penulis bahas, yaitu : 1. Bagaimana perlindungan hak-hak konsumen terhadap kenaikan tarif speedy tanpa pemberitahuan? 2. Bagaimana pelaksanaan pemenuhan hak-hak konsumen pengguna speedy apabila terjadi kenaikan tarif tanpa pemberitahuan? Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode yuridis sosiologis, sedangkan data yang digunakan adalah data primer yaitu pendapat hasil wawancara dan dokumen tertulis, sedangkan data sekunder adalah jenis data yang diperoleh melalui buku maupun jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perlindungan hak-hak konsumen yang dilakukan oleh PT Telkom atas kenaikan tarif tanpa pemberitahuan kepada konsumen, meskipun dalam perjanjian tercantum hak dan kewajiban masing-masing pihak yang harus dijalankan konsumen dan pelaku usaha. Untuk pemenuhan hak yang dilakukan oleh PT Telkom tidak efektif dan sebagian hak-hak konsumen diabaikan oleh PT Telkom, seperti tidak dilakukan pemulihan hak konsumen ketika mengalami kenaikan tarif tanpa pemberitahuan. Mereka beralasan sudah menyampaikan hal tersebut melalui telepon maupun email.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 10:32
Last Modified: 12 Apr 2016 10:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26395

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo