UMM Institutional Repository

Strategi Positioning Calon Presiden Republik Indonesia Tahun 2014 Melalui Twitter Dalam Membentuk Personal Branding (Analisis Isi pada Twitter @Prabowo08 dan @jokowi_do2)

Nugraha, Yoga Adi (2015) Strategi Positioning Calon Presiden Republik Indonesia Tahun 2014 Melalui Twitter Dalam Membentuk Personal Branding (Analisis Isi pada Twitter @Prabowo08 dan @jokowi_do2). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yogaadinug-38715-1-pendahul-n.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yogaadinug-38715-2-bab1.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Prabowo Subianto dan Joko Widodo adalah dua orang kandidat Calon Presiden Republik Indonesia Tahun 2014. Prabowo Subianto yang memiliki latar belakang militer dan Joko Widodo yang berlatar belakang seorang pengusaha ini mempunyai cara tersendiri dalam membentuk personal branding melalui media sosial twitter. Dari strategi positioning, peneliti ingin meneliti bagaimana cara Prabowo Subianto dan Joko Widodo dalam membentuk personal branding melalui media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi, analisis isi menurut Krippendorff adalah suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya. Menurut Berelson dan Krippendorf analisis isi adalah teknik penelitian untuk mendeskripsikan secara obyektif, sistematik dan kuantitatif isi komunikasi yang tampak. Analisis isi ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan perangkat statistik alat analisis hal ini dapat mempermudah peneliti membuat kesimpulan secara ringkas dan obyektif oleh karena itu dalam analisis isi, kuantifikasi menjadi penting untuk mempermudah peneliti dalam merepresentasikan konsep-konsep pesan secara akurat. Tipe penelitian ini adalah deskriptif yang merupakan metode yang meneliti status kelompok manusia suatu obyek, suatu set kondisi, system, pemikiran atau kelas peristiwa padamasa sekarang yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prabowo Subianto berupaya untuk mengubah/membentuk pandangan serta pendapat komunikan akan dirinya. Prabowo Subianto ingin mengubah persepsi masyarakat akan dirinya dikarenakan Prabowo Subianto sebelumnya dikaitkan dengan dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia. Joko Widodo juga mengubah persepsi masyarakat bahwa Joko Widodo juga bisa menjadi tegas, dan mengetahui tentang militer. Hal ini dikarenakan latar belakang Joko Widodo yang bukan berasal dari kalangan militer. Positioning digunakan oleh para calon presiden untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Kedua calon presiden tersebut menggunakan media sosial twitter sebagai sarana untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat secara virtual. Selain itu kedua Calon Presiden tersebut ingin mengubah persepsi masyarakat melalui personal branding. Melalui twitter kedua Calon Presiden melakukan personal branding untuk menjaga stabilitas personal brand yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 10:28
Last Modified: 12 Apr 2016 10:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26394

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo