UMM Institutional Repository

Pengaruh Terpaan Iklan Politik Terhadap Keputusan Memilih Para Pemilih Pemula (Studi Pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013)

HAPSARI, AYU DIAH (2014) Pengaruh Terpaan Iklan Politik Terhadap Keputusan Memilih Para Pemilih Pemula (Studi Pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayudiahhap-36969-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayudiahhap-36969-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Pesta akbar demokrasi telah dilaksanakan pada tanggal 9 Juli lalu di Negeri ini, yaitu pemilihan umum presiden (PILPRES), berbagai persiapanpun telah selesai dilakukan oleh berbagai unsur, contohnya: dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), partai politik, hingga calon presidenya juga, melalui cara berkampanye untuk mensosialisasikan program maupun membangun pencitraan di masyarakat, kegiatan itu dilakukan melalui media, seperti: televisi, media cetak, serta online. Media televisi digunakan karena pertimbangan mudahnya mengakses media tersebut hingga ke pelosok negeri, sehingga TV dianggap tepat dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat khususnya bagi para pemilih pemula, yang sangat memerlukan sumber informasi dan referensi agar mau menggunakan hak pilihnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh terpaan iklan politik pada media televisi terhadap keputusan memilih Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2013 Univeristas Muhammadiyah Malang”. Penelitian ini memakai teori AIDCA terdiri dari: 1). Perhatian , 2). Minat, 3). Kebutuhan dan keinginan 4). Rasa Percaya, 5). Tindakan. Dengan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif (survey research) serta menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan datanya adalah Purposive sampling untuk menentukan populasi dan sampelnya, dengan jumlah populasinya sebesar 498 dan sampelnya 50 orang, dengan teknik analisisnya adalah Uji Anova One Way serta Uji Regresi Linear dan korelasi produk moment serta Apha Cronbach sebagai Uji Validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini, kemudian dihitung dengan menggunakan rumus uji F dan memperoleh hasil F_hitung sebesar 79,99 dan F_tabel sebesar 6,334 atau nilai F_hitung lebih besar daripada nilai F_tabel maka tolak Ho dan terima Ha artinya ada pengaruh yang Signifikan. Serta Uji Regresi sederhana diperoleh nilai F hitung sebesar 59,22 dan F tabel sebesar 32,5. Sedangkan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dihitung pula validitas penelitian, untuk masing-masing (Variabel X) Terpaaan iklan politik di televise, dan (Variabel Y) Keputusan Memilih Pemilih Pemula, sebesar 0,930 dan 0,772 sedangkan nilai r tabelnya adalah 0,666. Sedangkan untuk uji validitas diperoleh hasil, sebagai berikut: nilai t hitung untuk (Variabel X) pertanyaan 1 (0,748), 2 (0,256), 3 (0,493), 4 (0,451), 5(0,104), 6 (0,207), 7 (0,096), 8 (0,062), 9 (0,207), 10 (0,041), 11 (0,096), 12 (0,068), 13 (0,105), 14 (0,027), 15 (0,318) dengan nilai f tabel sebesar (0,012). nilai t hitung untuk (Variabel Y) pertanyaan 1 (0,988), 2 (0,478), 3 (0,430), 4 (0,301), 5 (1,087), 6 (1,224), 7 (0,935), 8 (1,084), 9 (1,001), 10 (1,282), 11 (1,511), 12 (0,853), 13 (0,853), 14 (1,296), 15 (1,155) dengan nilai f tabel sebesar (0,012). Jadi berdasarkan hasil penelitian itu, dapat disimpulkan bahwa, jika nilai F hitung ≥ F tabel, Maka hipotesis HO ditolak dan hipotesis Ha diterima, atau terdapat pengaruh antara (Variabel X) Terpaan Iklan Politik Terhadap keputusan Memilih para Pemilih Pemula (Variabel Y), pengaruhnya sangat Signifikan, karena nilai f hitung lebih besar dari nilai f tabel (sesuai dengan aturan main atau kaidahnya). Selain itu dalam penelitian ini juga diperoleh validitas serta Reliabilitas terhadap instrumen penelitian yang digunakan sejumlah 15 item masing-masingnya, untuk (Variabel X) Terpaan Iklan Politik di televisi dan (Variabel Y) keputusan Memilih para Pemilih Pemula, hanya terdapat 3 item pernyataan yang tidak valid pada variabel X.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 09:26
Last Modified: 12 Apr 2016 09:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo