UMM Institutional Repository

TOKOH UMAR BIN KHATTAB SEBAGAI REPRESENTASI NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM Analisa Semiotika Pada Film “OMAR Ibn Al Khattab” Produksi 03 Production & MBC Group, UEA

Pujilaksono, Bagus Dwi (2014) TOKOH UMAR BIN KHATTAB SEBAGAI REPRESENTASI NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM Analisa Semiotika Pada Film “OMAR Ibn Al Khattab” Produksi 03 Production & MBC Group, UEA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bagusdwipu-36970-1-pendahul-n.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bagusdwipu-36970-2-babi.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Film “OMAR” seakan memberikan pencerahan terhadap umat Islam. Sebab film ini menceritakan salah satu dari estafet perkembangan dakwah Islam di masa-masa Nabi Muhammad Saw, Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq Ra dan Khalifah Umar bin Khattab Ra. Film ini merupakan drama kolosal terbesar yang pernah diproduksi oleh di Timur Tengah dengan melibatkan ratusan artis dan peran pembantu serta setting properti yang luar biasa besar tanpa menggunakan teknologi animasi dalam setiap adegan peperangan dan sebagainya. Terdiri dari 30 episode dengan fokus cerita pada tokoh Khalifah Umar bin Khattab seorang pemimpin yang berjuang menegakkan keadilan, kebenaran, dan menjaga moralitas Islam berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah yang saat ini seakan-akan sudah jauh dari dalam diri umat Islam. Film ini adalah hasil produksi dari satu rumah produksi asal Dubai, Uni Emirat Arab yaitu Middle East Broadcast Corporation (MBC) Group bekerjasama dengan 03 Production dengan melibatkan penulis drama berkebangsaan Palestina yaitu DR. Walid Saif dan seorang sutradara film dan televisi yang banyak meraih penghargaan yaitu DR. Hateem Ali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai kepemimpinan Islam direpresentasikan melalui tokoh Umar bin Khattab. Peneliti menggunakan karakter kepemimpinan Islam menurut Fakih Aunur Rahim dan Iip Wijayanto dalam buku Kepemimpinan Islam meliputi; (1) Mencintai Kebenaran, (2) Dapat Menjaga Amanah dan Kepercayaan Orang Lain, (3) Ikhlas dan Memiliki Semangat Pengabdian, (4) Baik Dalam Pergaulan Masyarakat, (5) Bijaksana, (6) Memimpin Untuk Melayani Bukan Dilayani, (7) Zuhud Terhadap Kekuasaan, (8) Jujur dan Tidak Munafik, (9) Memiliki Visi Keumatan, dan (10) Memiliki Tanggung Jawab Moral. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretatif dengan pendekatan analisa semiotika Roland Barthes, untuk melihat bentuk-bentuk representasi nilai kepemimpinan Islam kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan atau referensi secara ilmiah. Pengumpulan data diambil dari gambar film “OMAR” episode 22 - 30 yang menggambarkan nilai kepemimpinan Islam seperti dialog, adegan, setting, sudut pengambilan gambar dan sebagainya. Analisis data menggunakan metode semiotika Roland Barthes yang mengkaji makna menggunakan sistem pemaknaan dua tahap yaitu pemaknaan Denotasi (tahap pertama) yakni makna sebenarnya dalam film, dan tahap pemaknaan Konotasi (tahap kedua), pada tahap inilah terdapat mitos. Dari hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan cerita pada film “OMAR” berupa makna tanda meliputi; Memiliki kesadaran sosial untuk bersama-sama menegakkan kebenaran, Bersikap tawakkal di hadapan Allah Swt berharap senantiasa diberikan petunjuk kepada kebenaran, Mengutamakan kedudukan ahli Ilmu sebagai sosok yang memiliki kemuliaan di tengah-tengah umat, Senantiasa menjaga hak milik umat dan memelihara kepercayaan mereka terhadap pemimpin, Menilai amanah kepemimpinan sebagai ujian keimanan bagi seorang hamba, Mampu bergaul dengan segala lapisan masyarakat, Mampu menciptakan suasana kehidupan yang penuh toleransi antar umat beragama, Bertanggungjawab memenuhi kebutuhan umat di atas segalanya, Tidak memiliki ambisi untuk berkuasa, Waspada terhadap pengaruh harta duniawi yang dapat menjauhkan pribadi muslim dari Allah Swt, Bersikap jujur dan terbuka terhadap sesuatu yang kurang pantas dilakukan, Mengutamakan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan/kebijakan, dan Memiliki empati terhadap kondisi umat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 09:22
Last Modified: 12 Apr 2016 09:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26388

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo