UMM Institutional Repository

PENGARUH PRODUCT PLACEMENT YAMAHA DALAM TAYANGAN MOTOGP TERHADAP BRAND IMAGE Studi Pada Komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Mojokerto

RAHAYU, DEBRINA AGUSTIN EKA (2014) PENGARUH PRODUCT PLACEMENT YAMAHA DALAM TAYANGAN MOTOGP TERHADAP BRAND IMAGE Studi Pada Komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Mojokerto. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-debrinaagu-36972-1-pendahul-n.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-debrinaagu-36972-2-babi.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas ketertarikan peneliti akan semakin populernya cara beriklan menggunakan product placement. Product placement merupakan salah saru cara beriklan yang saat ini sangat populer dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pengiklan yang ditempatkan pada program televisi, film, video klip, maupun video game. Product placement diharapkan bisa menjadi solusi kejenuhan audience akan iklan tradisional yang mengganggu jalannya suatu acara. Oleh karena itu, product placement dianggap sebagai cara beriklan yang lebih efektif untuk memasarkan produk dan meningkatkan awareness audience akan merek. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R (Stimulus-Organisme-Respon), bertujuan untuk mengetahui respon yang disebabkan oleh terpaan media yang berupa (Pesan/Stimulus) terhadap masyarakat (Komunikan/Organisme) sehingga terjadi pembentukan image merek motor Yamaha yang positif (Respon/Efek). Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, yang merupakan pendekatan pengumpulan data melalui angket dan diolah untuk memperoleh hasil berupa angka. Dasar dari penelitian ini yaitu survei dimana penelitian yang dilakukan terhadap seluruh anggota komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Mojokerto ini merupakan penelitian populasi karena seluruh anggota yakni sebanyak 40 orang digunakan sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian, responden seluruhnya berjenis kelamin laki-laki dengan usia yaitu antara 19-31tahun. Dari hasil uji signifikansi diketahui nilai probabilitas adalah sebesar 0,01 < 0,05 sehinga H0 ditolak. Dalam artian pengaruh product placement terhadap brand image signifikan sehingga hipotesis alternatif atau Ha diterima. Hasil uji probabilitas ini juga relevan dengan pengujian melalui uji statistik T. Nilai T hitung adalah sebesar 3.666, sementara T tabel diperoleh dari dk = n– 1= 40– 1= 39 (dalam uji ini ditentukan dk= 40) dan taraf signifikansi 1% adalah sebesar 2.425. Karena T hitung > Ttabel = 3.666 > 2.425, maka H0 ditolak, artinya pengaruh X terhadap Y adalah positif dan terbukti signifikan. Dari perhitungan menunjukan Fhitung Sebesar 13,440 untuk derajat kebebasan = 1 dan derajat bebas residual 41 dengan taraf kesalahan (α) 5%. Dengan rumus df1(N1) = k-1, df2(N2) = n-k, k adalah konstruk (jumlah variabel X dan Y), sedangkan n adalah jumlah sampel, untuk menentukan F tabel maka df1 = 20-1 = 19, sedangkan df2 = 40-20 = 20, dapat diperoleh Ftabel sebesar 2,14. Karena Fhitung (13,440) > Ftabel (2,14) maka H0 ditolak, artinya pengaruh X terhadap Y adalah positif dan terbukti signifikan berdasarkan uji statistik. Dengan persamaan regresi linier sederhana, diperoleh persamaan regresi Y = 43,662 + 0,407X. Berdasarkan persamaan tersebut dapat diinterpretasikan bahwa Y (brand image) akan meningkat sebesar 0,407 satuan untuk setiap tambahan satu satuan X (product placement). Jadi apabila product placement sering muncul dalam suatu program televisi, maka brand image akan meningkat 0,407 satuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan yaitu variabel X (Product placement) berpengaruh positif terhadap variabel Y (Brand Image) dan derajat hubungan antara kedua variabel penelitian masuk dalam kategori cukup. Hal ini diperoleh dari nilai koefisien korelasi atau R yaitu 0,497. Sedangkan untuk nilai R square atau koefisien determinasinya, yang menunjukkan seberapa bagus model regresi yang dibentuk oleh interaksi antara variabel bebas dan variabel terikat yaitu 0,247. Nilai tersebut diinterpretasikan bahwa variabel bebas X memiliki pengaruh kontribusi sebesar 24,7% terhadap variabel Y. Sedangkan 75,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 09:18
Last Modified: 12 Apr 2016 09:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26382

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo