UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI KEKERASAN VISUAL PADA SERIAL ANIMASI (Analisis Framing Pada Serial Animasi Happy Tree Friends karya Kenn Navarro, Aubrey Ankrum dan Rhode Montijo)

Widendra, Deni (2014) KONSTRUKSI KEKERASAN VISUAL PADA SERIAL ANIMASI (Analisis Framing Pada Serial Animasi Happy Tree Friends karya Kenn Navarro, Aubrey Ankrum dan Rhode Montijo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deniwidend-36974-1-pendahul-n.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deniwidend-36974-2-babi.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangannya serial animasi kini banyak bermuculan dan mengusung berbagai macam genre. Ada juga serial animasi yang kemasan visual dan karakternya bertolak belakang dengan genre yang diusung dan mengandung banyak kekerasan. Seperti pada serial animasi Happy Tree Friends. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekerasan visual pada serial animasi Happy Tree Friends dikonstruksikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe interpretative. Tahapan analisisnya adalah sebagai berikut: data diunduh langsung dari official website Happy Tree Friends kemudian dipilih 3 episode televisinya yang memenangkan awarding. Kemudian dianalisa tiap scenenya dari segi visual (warna, garis, bentuk, pencahayaan) dengan mengunakan model framing dari Gamson dan Modigliani. Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa kekerasan visual dalam serial animasi Happy Tree Friends ini dikonstruksikan layaknya serial animasi untuk anak-anak. Penggunaan warna-warna cerah dalam visualnya dan bentuk tokoh yang dibuat menyerupai boneka yang mengadopsi binatang dengan warna-wana yang cerah. Namun pembuatan visual tersebut bertolak belakang dengan cerita yang disuguhkan yang kerap menampilkan kekerasan secara frontal tanpa ada sensor. Elemen yang menonjol dari hasil pembingkaian model Gamson dan Modigliani dalam serial ini adalah exemplar dan roots. Diamana kedua elemen ini saling berkesinambungan untuk menguatkan certita yang dibingkai dalam setiap episodenya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kekerasan visual dalam serial animasi Happy Tree Friends dikonstruksikan layaknya serial animasi untuk anak-anak, dilihat dari segi pembuatan visual dan penokohannya. Hasil analisis konstruksi tersebut didapat dari perangkat framing dari Gamson dan Modigliani, dimana elemen yang menonjol seperti exemplar dan roots saling menguatkan bingkai yang dibuat dari masing-masing episodenya. Kedua elemen tersebut menunjukkan bentuk kekerasan yang digambarkan degan begitu jelas tanpa ada sensor seperti kepala terpotong, bentuk potongan tubuh yang berhamburan dan darah yang berceceran dimana-mana. Semua bentuk kekerasan tersebut ada pada setiap episode dan scene yang diteliti, namun bertolak belakang dengan visual yang disuguhkan. Hal ini yang menjadikan serial animasi ini berbeda dengan serial animasi yang bergenre dewasa pada umumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:51
Last Modified: 12 Apr 2016 07:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26381

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo