UMM Institutional Repository

UPAYA KOMUNIKASI KEPOLISIAN DALAM PELAYANAN PENERBITAN SURAT IZIN MENGEMUDI KEPADA MASYARAKAT. (Studi Pada Polres Kabupaten Tuban Melalui Layanan Penerbitan Surat Izin Mengemudi di Satuan Lalu Lintas)

Suharsono, Doddy (2014) UPAYA KOMUNIKASI KEPOLISIAN DALAM PELAYANAN PENERBITAN SURAT IZIN MENGEMUDI KEPADA MASYARAKAT. (Studi Pada Polres Kabupaten Tuban Melalui Layanan Penerbitan Surat Izin Mengemudi di Satuan Lalu Lintas). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-doddysuhar-36976-1-pendahul-n.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-doddysuhar-36976-2-babi.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Polres Kabupaten Tuban memberikan pelayanan dalam penerbitan surat izin mengemudi juga melakukan strategi komunikasi kepada masyarakat sebagai upaya untuk memberikan informasi terkait dengan bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui upaya komunikasi kepolisian dalam pelayanan penerbitan Surat Izin Mengemudi kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Tipe penelitian yang dipilih, yakni deskriptif kualitatif, karena peneliti ingin dan berusaha mendeskripsikan atau menjelaskan bagaimana upaya komunikasi kepolisian dalam pelayanan penerbitan Surat Izin Mengemudi Kepada Masyarakat. Teknik pengambilan subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan subyek berdasarkan kriteria tertentu agar diperoleh subyek yang relevan. Kriteria yang ditetapkan dalam pemilihan subyek yaitu sebagai berikut: 1) Bagian yang terkait dalam pengambil kebijakan untuk pembuatan SIM yaitu Baur SIM dan 2) Bagian operasional yang memberikan pelayanan secara langsung dalam pembuatan SIM yaitu anggota bagian SIM Polres Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan model analis data dari miles dan Huberman (1992) yaitu model analisis interaktif, dimana dalam metode ini terdapat 3 komponen analisis, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya analisis dilakukan dengan memadukan (secara interaktif) ketiga komponen utama tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa upaya komunikasi kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat mengenai penerbitan Surat Izin Mengemudi adalah dengan terlebih dahulu menentukan tujuan komunikasi, yang menekankan pada aspek perubahan pola kerja yang berbasis kedisiplinan dari para anggota dan terwujudnya tanggung jawab masyarakat untuk tertib berlalulintas. Target dan sasaran yang dicapai dalam pelaksanaan komunikasi yaitu menciptakan pemahaman masyarakat tentang perlunya kepemilikan SIM. Metode yang digunakan dalam komunikasi yaitu dengan melakukan sosialisasi pelaksanaan atau penerbitan SIM, upaya ini dilakukan untuk memberikan jaminan bahwa proses pembuatan SIM dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Bagian yang terlibat dalam proses penerbitan SIM yaitu meliputi Satpas, Dikmas Lantas, Babinkamtibmas, Infokom, dan BRI bagian tersebut secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan penetapan tugas atau fungsi terkait dengan penerbitan SIM. Bentuk komunikasi atas pesan-pesan yang disampaikan yaitu berupa himbauan atau harapan agar para pengguna kendaraan bermotor di jalan yang telah memenuhi persyaratan umur maka menjadi wajib untuk melakukan kepengurusan SIM. Polisi juga menggunakan strategi komunikasi dalam proses penyampaian informasi kepada masyarakat yaitu selain menggunakan bahasa Indonesia juga menggunakan bahasa daerah dengan harapan masyarakat dapat menerima informasi yang diberikan secara benar. Dalam proses pelaksanaan komunikasi polisi juga menggunakan suatu perencanaan sehingga program-program yang ditetapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Faktor penghambat dalam pelaksanaan komunikasi yaitu adanya faktor cuaca, jarak tempuh dan kesadaran yang masih kurang dari masyarakat serta terbatasnya jumlah personil sehingga pelayanan yang diberikan kurang maksimal. Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan komunikasi yaitu ketersediaan fasilitas yang lengkap. Sebagai upaya untuk memberikan jaminan bahwa komunikasi yang dilakukan telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan maka polisi melaksanakan suatu evaluasi sebagai upaya pengendalian kegiatan komunikasi dalam pelayanan penerbitan Surat Izin Mengemudi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:42
Last Modified: 12 Apr 2016 07:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26375

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo