UMM Institutional Repository

Manajemen Konflik Menurut Winardi dan Relevansinya Dengan Pembentukan Keluarga Sakinah

HADIDI, MOHD (2014) Manajemen Konflik Menurut Winardi dan Relevansinya Dengan Pembentukan Keluarga Sakinah. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohdhadidi-37065-1-pendahul-n.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohdhadidi-37065-2-babi.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Muatan deskriptif skripsi ini tentunya penulis dapat menarik beberapa konklusi sebagai jawaban dari permasalahan skripsi ini yaitu manajemen konflik menurut Winardi dan relevansinya dengan pembentukan keluarga sakinah. Berbicara manajemen konflik maka kegiatan yang harus dilakukan adalah bagaimana memenej konflik itu sendiri. Sehingga konflik yang ada dalam organisasi keluarga dapat di menej dengan baik. Sebagaimana yang telah diketahui sebenarnya, penerapan manajemen konflik dalam keluarga sudah ada pada beberapa keluarga yang berpendidikan dan memahami konsep keluarga yang ideal, dengan indikator pandangan konflik dalam keluarga yang mempunyai pemahaman berbeda-beda. Pandangan konflik dalam keluarga ada tiga yaitu pandangan tradisional, hubungan manusiawi dan interaksionis. Sumber konflik di dalam keluarga dapat disebabkan karena adanya kebijakan orang tua yang sering menimbulkan kontrofersi, intervensi dari pihak luar keluarga dan kurangnya komunikasi. Sedangkan proses manajemen konflik di dalam keluarga meliputi gaya, metode, dan strategi dalam menstimulasi atau merangsang konflik. Relevansi manajemen konflik Winardi dengan pembentukan keluarga sakinah dapat kita lihat dari hasil proses manajemen konflik intrapersonal, interpersonal, intragrup, intergrup, interorganisasi dalam keluarga. Hal ini akan tercipta apabila pemetaan konflik, penggunaan gaya, metode, dan strategis atau penggunaan pendekatan dalam manajemen konflik secara tepat dan sesuai dengan kadar konflik yang terjadi. Apabila manajemen konflik diterapkan pada keluarga sakinah maka akan menjadikan keluarga itu tetap sakinah. Jika manajemen diterapkan pada keluarga yang sedang konflik maka akan membantu keluarga tersebut untuk mewujutkan keluarga sakinah. Manajemen konflik dalam keluarga dibagi menjadi lima yaitu: manajemen konflik intrapersonal, manajemen konflik interpersonal, manajemen konflik intragroup, manajemen konflik intergroup, manajemen konflik interorganisasi. Sedangkan keluarga sakinah adalah keluarga yang tenang atau tentram yaitu sebuah keluarga bahagia sejahtera lahir dan batin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:40
Last Modified: 12 Apr 2016 07:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26374

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo