UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KONSEP KELUARGA SAKINAH MENURUT 'AISYIYAH (Studi Kasus pada Keluarga Anggota 'Aisyiyah di Malang)

MURSYIDAH, NURUL KARIMAH (2014) IMPLEMENTASI KONSEP KELUARGA SAKINAH MENURUT 'AISYIYAH (Studi Kasus pada Keluarga Anggota 'Aisyiyah di Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep keluarga sakinah menurut 'Aisyiyah serta untuk mengungkapkan sejauh mana perilaku kehidupan berkeluarga anggota Pimpinan 'Aisyiyah Daerah atau Cabang di Malang telah sesuai dengan konsep tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah anggota 'Aisyiyah di Malang. Dengan beberapa kriteria yaitu diantaranya: informan adalah seorang anggota Pimpinan 'Aisyiyah Daerah atau Cabang, informan telah memiliki anak dan bukan seorang janda. Konsep keluarga sakinah menurut 'Aisyiyah adalah bangunan keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan tercatat di Kantor Urusan Agama yang dilandaskan pada kondisi mawaddah wa rahmah, sehingga masing-masing anggota keluarga dapat berkembang dan menjalankan peran sesuai fungsinya, dalam menghadirkan suasana kedamaian, ketentraman, keharmonisan, kekompakan, kehangatan, keadilan, kejujuran dan keterbukaan, untuk terwujudnya kebaikan hidup di dunia dan akhirat yang diridhai Allat swt. Dalam konsep tersebut terdapat enam aspek yaitu memilih calon pasangan, kewajiban bersama suami istri, hak bersama suami istri, kewajiban suami, kewajiban istri dan kewajiban orangtua. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada enam kepala keluarga sebagai informan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa secara garis besar pengimplementasian konsep tersebut didalam keluarga informan sudah sesuai dengan konsep keluarga sakinah menurut 'Aisyiyah. Yaitu dalam aspek memilih calon pasangan, kewajiban bersama, kewajiban suami, kewajiban istri dan kewajiban orangtua terhadap anak. Sedangkan yang belum sesuai konsep pada aspek hak bersama, seperti dalam hal pemenuhan kebutuhan biologis. Akan tetapi ketidak sesuaian tersebut ternyata tidak berpengaruh negatif terhadap kehidupan rumah tangga mereka, karena mereka semua telah saling mengerti, memahami sifat masing-masing pasangannya, dan hal itu terbukti pada lama pernikahan informan yang bertahan hinga belasan bahkan puluhan tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:37
Last Modified: 27 Feb 2018 06:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26371

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo