UMM Institutional Repository

KOHESI SOSIAL ANTAR PEKERJA DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA (Studi di PT. Industri Sandang Nausantara Unit Patal Lawang, Malang)

Wahyuni, Nur Fitria Adityas (2014) KOHESI SOSIAL ANTAR PEKERJA DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA (Studi di PT. Industri Sandang Nausantara Unit Patal Lawang, Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitriaa-37548-1-pendahul-1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitriaa-37548-2-babi.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Dalam perjalanan suatu industri tidak terlepas dari adanya pekerja yang ikut andil di dalam proses produksi. Pekerja atau buruh merupakan faktor yang sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan proses produksi. Sehingga buruh atau pekerja adalah roda kehidupan bagi industri, tanpa buruh industri tidak dapat melakukan proses produksi. Terkadang suatu perusahan juga mengalami hambatan dalam mengkoordinasi pegawai agar selaras dengan kemauan dan tujuan yang akan dicapai karena setiap individu yang menjalankan aktivitas-aktivitas di dalam perusahaan mempunyai hal kepribadian, watak, minat, bakat, latar belakang pendidikan, harapan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja adalah motivasi kerja. Motivasi kerja terbentuk karena adanya hubungan sosial ataupun kohesi sosial antar pekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kohesi sosial antar pekerja dalam meningkatkan produktivitas kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan strategi survey, informasi dikumpulkan dari sekelompok manusia sebagai sampel dan biasanya menggunakan daftar pertanyaan (angket). Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel Independent (bebas) dan variabel Dependent (terikat). Penetapan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis metode Proportionate Stratified Random Sampling (pengambilan sampel acak distratifkasi) yaitu pekerja di bidang staff, produksi, Maintance, satpam, Cleaning Service, lain-lain. Sampel tersebut diambil dari 10 tiap jumlah yang ada. Pengumpulan data menggunakan tabulasi tunggal (mono tab) dan tabulasi silang (cross tab) dengan menggunakan rumus prosentase P= F/N x100%. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori Solidaritas Mekanik (Emile Durkheim). Berdasarkan konsep kohesi sosial dan konsep produktivitas yang diteliti di lapangan ditemukan adanya hubungan antara variabel X (kohesi sosial antar pekerja) dengan variabel Y (peningkatan produktivitas kerja). Tingkat solidaritas yang terjadi antar pekerja sangatlah tinggi, rasa saling percaya dan saling bergantung antar pekerja ini membuat hubungan diantara mereka sangat harmonis. Semakin hubungan diantara pekerja baik maka semakin tinggi pula tingkat produktivitas kerja mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Sociology (69201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:20
Last Modified: 12 Apr 2016 07:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26357

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo