UMM Institutional Repository

TEMA PESAN SOSIALISASI PROGRAM ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015 MELALUI MEDIA SOSIAL Analisis Isi Pesan fanpage Facebook "ASEAN Community" Edisi 6 April - 6 Mei 2014

Zakaria, Fikri Bagus (2014) TEMA PESAN SOSIALISASI PROGRAM ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015 MELALUI MEDIA SOSIAL Analisis Isi Pesan fanpage Facebook "ASEAN Community" Edisi 6 April - 6 Mei 2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikribagus-36983-1-pendahul-n.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikribagus-36983-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

ASEAN Economic Community (AEC) merupakan sebuah program integrasi ekonomi negara-negara anggota ASEAN yang akan diterapkan mulai 31 Desember 2015. Percepatan program AEC yang sebelumnya akan diterapkan pada tahun 2020 menjadi 2015, tentu akan berdampak pada persiapan masing-masing negara dikawasan anggota ASEAN dalam menghadapi babak baru AEC. HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) menilai bahwa "Upaya sosialisasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA/AEC) yang akan dimulai tahun 2015 kurang optimal". Pernyataan serupa juga dilontarkan oleh duta besar Republik Indonesia untuk Thailand, Lutfi Rauf pada kuliah umum bertajuk Prospek dan Tantangan Implementasi Komunitas ASEAN 2015 di Universitas Padjajaran, Bandung 19 April 2013. Minimnya sosialisasi dan pengetahuan masyarakat terhadap program AEC 2015 tentu akan berdampak pada kesuksesan program. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menyukseskan program AEC adalah dengan cara melakukan sosialisasi melalui fanpage Facebook. "ASEAN Community" adalah salah satu fanpage yang gencar melakukan sosialisasi program AEC 2015 melalui jejaring sosial. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kecenderungan tema isi pesan fanpage Facebook "ASEAN Community" dalam melakukan sosialisasi program AEC 2015. Berkaitan dengan penelitian ini, peneliti menggunakan teori efek kumulatif yang dikemukakan oleh Elisabeth Noelle-Neumann. Dalam teori ini menjelaskan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat menghindari media, karena media akan terus menyebarkan sebuah pesan yang berisikan informasi. Elisabeth mengibaratkan bahwa pesan-pesan tersebut tersebar hingga ke rumah audience. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif dan tipe deskriptif. Adapun yang menjadi ruang lingkup penelitian ini adalah pesan (teks) yang diposting oleh administrator fanpage "ASEAN Community" yang mengandung unsur sosialisasi kesadaran ASEAN dalam persiapan program AEC 2015 pada tanggal 6 April - 6 Mei 2014. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini adalah administrator yang memposting pesan sosialisasi AEC 2015 pada fanpage "ASEAN Community" dalam kurun waktu diatas. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yakni: Pertama, tema pesan di bidang bisnis memiliki jumlah postingan paling banyak diantara tema pesan yang lain, yaitu sebanyak 3 postingan, disusul dengan tema di bidang budaya sebanyak 2 postingan, dan tema di bidang pendidikan dan lingkungan sebanyak masing-masing 1 postingan. Kedua, tahapan sosialisasi yang dilakukan administrator fanpage ASEAN Community kepada pengikutnya masuk ke dalam tahapan persiapan. Ketiga, seluruh administrator menyatakan bahwa pesan yang mereka tulis bertujuan untuk mengarahkan pembaca pada kesadaran ASEAN sebagai bentuk sosialisasi program AEC 2015. Keempat, fanpage merupakan fitur Facebook yang dapat digunakan sebagai media sosialisasi. Cara kerja fanpage Facebook terbukti dapat menjawab Teori Efek Kumulatif yang dikemukakan oleh Elisabeth Noelle-Neumann.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:21
Last Modified: 05 Mar 2018 02:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26355

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo