UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN AUDIENS TENTANG ACARA KUIS TELEVISI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK (Studi Resepsi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013 tentang Kuis Kebangsaan)

Maulana, Hafidz Thaha Indra (2014) PEMAKNAAN AUDIENS TENTANG ACARA KUIS TELEVISI SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK (Studi Resepsi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013 tentang Kuis Kebangsaan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hafidzthah-36984-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hafidzthah-36984-2-babi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya Kuis Kebangsaan yang tayang di RCTI. Kuis Kebangsaan merupakan kuis interaktif (berdurasi ± 5 menit), yang menguji wawasan kebangsaan pemirsanya dengan pertanyaan-pertanyaan seputar Indonesia. Kuis tersebut disponsori oleh Wiranto dan Harry Tanoesodibjo. Pada akhir tahun 2013 yang lalu, pengguna media sosial, khususnya Twitter dan Kaskus, ramai membicarakan Kuis Kebangsaan setelah beredarnya video di situs YouTube yang menggambarkan beberapa peserta melontarkan jawaban sebelum pembawa acara mengajukan pertanyaan. Pengguna media sosial tersebut beranggapan bahwa Kuis Kebangsaan telah diatur atau disetting untuk kampanye politik pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden partai Hanura. Sebagai sebuah teks media, kuis tersebut dimaknai berbeda-beda oleh audiens. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana penerimaan mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013 terhadap Kuis Kebangsaan Penelitian ini menggunakan metode studi resepsi. Studi resepsi merupakan studi untuk menemukan atribusi dan konstruksi makna (berasal dari media) dengan penerima. Karena pesan media selalu terbuka dan polisemi memiliki banyak makna potensial yang ditafsirkan sesuai dengan konteks dan budaya penerima. Berkaitan dengan penerimaan atau pemaknaan pesan media oleh audiens, Stuart Hall mengelompokan tiga bentuk pembacaan/hubungan antara penulis dan audiens dan bagaimana pesan itu dibaca oleh keduanya, yaitu posisi audiens dominan, posisi audiens negosiasi dan posisi audiens oposisi Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dimana data yang digunakan merupakan data kualitatif (data yang tidak terdiri dari angka-angka) melainkan berupa kata-kata dari subjek penelitian penelitian. Penelitian ini mengembangkan pertanyaan-pertanyaan (wawancara) kepada subjek penelitian melalui in depth interview, yang kemudian dilakukan analisis dengan apa yang telah diungkapkan oleh masing-masing subjek penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan 3 kategori penonton dalam memaknai Kuis Kebangsaan. Pertama, penonton dengan kategori oposisi (Oppositional Code Position), Dalam posisi ini, subjek penelitian menandakan secara berbeda atau berseberangan dengan apa yang ingin disampaikan oleh penulis (pengirim pesan). Mereka yang termasuk dalam posisi ini kebanyakan tidak setuju atau menolak muatan-muatan politis yang ada dalam Kuis Kebangsaan. Sedangkan yang kedua, penonton dengan kategori negosiasi (Negotiated Code Position). Dalam posisi ini, subjek penelitian menggunakan kepercayaan dan keyakinannya untuk dikompromikan dengan kode yang disediakan oleh penulis. Mereka menyadari bahwa Kuis Kebangsaan penuh akan muatan politis dan mereka menolaknya, namun mereka tetap setuju bahwa Kuis Kebangsaan dapat dikatakan bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan, karena mereka melihat dari sisi konten pertanyaan yang mencerminkan wawasan kebangsaan. Dan yang terakhir adalah posisi penonton dominan (Dominant Hegemonic Position). Dalam posisi ini kode-kode yang disampaikan oleh penulis dapat diterima atau terjadi kesusaian oleh subjek penelitian. Dalam posisi ini subjek penelitian kebanyakan menerima atau setuju bahwa pertanyaan-pertanyaan dalam Kuis Kebangsaan menarik dan cukup menguji wawasan kebangsaan. Maka dapat diartikan disini, seluruh subjek penelitian penelitian merupakan audiens yang aktif. Dengan kata lain mereka tidak hanya berperan sebagai konsumen, tetapi juga produsen yang turut aktif menciptakan makna dari sebuah media. Karena mereka secara aktif melakukan interpretasi makna yang terdapat didalam teks Kuis Kebangsaan berdasarkan konteks dan budaya mereka masing-masing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:17
Last Modified: 12 Apr 2016 07:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26352

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo